Tarian Profil Pelajar Pancasila Meriahkan Upacara Hardiknas Banyumas

0

Banyumas patroli88investigasi.comUpacara Peringatan Hari Pendidikan Nasioal 2024 Tingkat Kabupaten Banyumas yang dipimpin oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro Rabu 2 Mei 2024 di Alun-alun Purwokerto berlangsung tertib, lancar dan sukses. Tarian Profil Pelajar Pancasila yaitu Tari Kebhinekaan dan Tari Rumekso memeriahkan acara dan berhasil memukau peserta dan tamu undangan.

Penampilan Tari Profil Pelajar Pancasila dimulai oleh 188 siswa siswi SMP Negeri 1 Wangon, yang menampilkan Tari Kebinekaan. Tarian tersebut berisikan kombinasi gerakan dan lagu dari daerah di Indonesia, mulai daerah Aceh, Sumatra, Betawi, Jawa, Bali hingga Papua. 
Tidak hanya itu, sebanyak 188 pelajar ini, tidak hanya menggunakan satu costum, tetapi menggunakan pakaian adat yang berbeda. Seperti menggunakan adat Bali yang harus menggunakan aksesoris banyak. Pakaian tari Jawa yang harus di tata selendangnya dengan baik, hingga baju tarian lain yang tidak kalah banyak atribut pelengkapnya. 

Kepala SMP Negeri 1 Wangon Sunarko, S.Pd mengatakan dalam meriahkan upacara peringatan hari pendidikan nasional pihaknya mendapat tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Banyumas untuk menampilkan tari yang mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila. Sehingga pihaknya bersama Guru Seni Budaya menampilkan Tari Kebhinekaan.

"Tari kebine di desain khusus oleh Guru Seni Budaya, Bu Ade Ivanna untuk ditampilkan setelah upacara Hari Pendidikan Nasional," katanya

Penampilan kedua dari siswi SMP N 2 Wangon yang juga turut menampilkan tari. Berbeda dengan sebelumnya, tari yang ditampilkan oleh 50 siswi tersebut adalah tari rumeksa khas banyumas. Tarian yang ditampilkan merupakan penyaturan dari tari lenggeran, kiprahan dan juga ebeg. 

Dijelaskan oleh salah satu siswi SMP N 1 Wangon, dirinya merasa senang dan bangga bisa tampil di acara penting tersebut. Ia juga menyatakan kegembiraanya karena bisa menjadi bagian untuk memeriahkan acara Hari Pendidikan Nasional.

Tak kalah meriah, tari rumekso yang tampil disesi kedua, yang dibawakan sebanyak 50 siswi SMP N 2 Wangon yang juga turut meramaikan suasana.
Tari Rumekso ini, merupakan tarian kreasi Banyumasan yang merupakan ringkasan sajian lengger yang biasanya tampil semalam suntuk, terkemas dalam sebuah tarian. Di dalamnya juga terdapat unsur Lengger, Kiprahan, dan Ebeg-ebegan.

"Tari Rumeksa artinya menjaga kesenian Lengger, agar tidak punah tergerus globalisasi," katanya
Joko Wiyono berharap peringatan Hardiknas Tahun 2024 ini, bisa lebih meningkatkan kemauan belajar pelajar. Dan dengan para pelajar tampil seperti ini, lebih bisa mengajak mereka untuk berani menghadapi tantangan kedepannya.

(Kontributor 88Safhira Rizki)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)