Polsek Cikoneng Polres Ciamis Ikuti Sosialisasi Pergerakan Tanah di Desa Buniasih

Patroli88investigasi
0

 


CIAMIS  Patroli88investigasi.com~ Polsek Cikoneng Polres Ciamis Polda Jabar melakukan monitoring sekaligus mengikuti acara sosialisasi hasil kajian Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumberdaya Mineral Terkait Pergerakan Tanah di wilayah Dusun Wanasari Desa Budiasih. Sosialisasi ini berlangsung di Sekolah MIS Budiasih, Desa Buniasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (8/6/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung oleh Plt. Kapolsek Cikoneng Polres Ciamis Polda Jabar AKP Samuji dan didampingi oleh sejumlah anggota Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., melalui Plt. Kapolsek Cikoneng AKP Samuji mengatakan, kehadirannya sebagai bentuk dukungan dan sinergitas Polri dengan pemerintah dan instansi terkait dalam penanganan kebencanaan di wilayah. Karena Polri selalu hadir dan selalu mendukung Pemerintah terutama disaat terjadi bencana ataupun mitigasi sedini mungkin potensi yang lebih besar lagi.

"Polri hadir ditengah masyarakat tidak hanya sebatas penegakan hukum saja, tetapi kenyamanan dan keamanan itu merupakan hal luas. Salah satunya ikut berpartisipasi memitigasi potensi kebencanaan di wilayah agar tidak terdapat korban ketika bencana itu terjadi," kata AKP Samuji.

Plt. Kapolsek Cikoneng Polres Ciamis Polda Jabar menuturkan, pihaknya selalu senantiasa hadir ditengah masyarakat memberikan imbauan kamtibmas dan potensi gangguan kamtibmas lainnya. Seperti edukasi dan himbauan untuk selalu waspada terhadap potensi bencana disaat musim-musim ekstrim seperti hujan dan lain sebagainya.

Adapun hasil dari Kajian dari Badan Geologi Kementerian Energi Sumberdaya Mineral, merekomendasikan adalah sebagai berikut. Pertama masyarakat yang terdamfak harus direlokasi. Kedua walaupun masih menempati tanah tersebut, bangunan rumah harus dibuat panggung. Ketiga elakukan tata saluran air drainasi. Keempag tidak melakukan penebangan pohon pohon yang besar. Kelima masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan ketika turun hujan, disarankan untuk mengungsi. Dan terakhir yakni memantau dan menginformasikan perkembangan pergerakan retakan tanah.


(Ayep)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)