Ratusan Siswa-siswi LPA Putra Harapan Purwokerto Ikuti Manasik Haji

0

 

Banyumas patroli88investigasi.com Sebagai bentuk pengenalan ibadah haji kepada anak-anak didik dari sejak dini, siswa-siswi Lembaga Pengembangan Anak (LPA) Putra Harapan mengikuti simulasi Manasik Haji. Kegiatan ini diikuti oleh siswa jejang PAUD, SD, SMP, dan SMA Putra Harapan, dan beberapa sekolah mitra yang ada di sekitar Purwokerto dengan jumlah sebanyak 1200 peserta, dilaksanakan Sabtu 18 Mei 2024 di Lapangan Gempar Kelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat.


Direktur LPA “Putra Harapan" Dra. Sumihati mengatakan tujuan diadakannya manasik haji ini adalah untuk memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa juga diharapkan dapat berimbas kepada orang tua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke-5 tersebut.


"Alhamdulillah pelaksanaan manasik haji LPA “Putra Harapan" dapat dilaksanakan dengan lancar meskipun masih ada kekurangan. Lapangan Gempar Kelurahan Kober disetting semirip mungkin dengan pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya mulai dari memakai baju ihrom, miqot niat haji dan umroh, thoawaf mengelilingi ka’bah, minum air zam-zam, sai dari bukit shofa dan marwa, tahalul atau menggunting rambut, wukuf di arofah, mabit mencari kerikil di muzdalifah dan lempar jumrah Ula wustho dan aqobah di Mina, serta thowaf ifadah sebagai akhir kegiatan manasik ini," jelasnya.


Sementara Ketua Panitia Muhammad Yusuf, S.Pd menambahkan LPA Putra Harapan Purwokerto beri’tikad baik mengenalkan bagaimana praktik dalam prosesi ibadah haji yang bertujuan untuk lebih mendalami arti sejarah besar ummat Islam, yaitu Nabi Ibrahim dan nabi Ismail, menumbuhkan kecintaan, pengorbanan, serta keikhlasan untuk taat pada sang maha Pencipta. Hal ini dilakukan mengingat LPA Putra Harapan Purwokerto sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang bermitra dengan sekolah-sekolah sekitar merasa perlu memberikan materi yang tepat sebagai sarana belajar dan didukung 

dengan media, sehingga anak-anak akan merasakan iklim prosesi ibadah haji yang akan mereka bawa hingga 

masa yang akan datang, untuk bisa meneladani Rasulullah SAW. 


"Kami mengharapkan para orangtua, guru, anak 

dan ummat untuk menyadari betul akan kewajiban melakukan ibadah haji. Sehingga dari kesadaran itu, tentu akan senantiasa berusaha dan bekerja keras dalam memenuhi panggilan Allah tersebut," jelasnya


Kegiatan ini diikuti oleh jejang PAUD, SD, SMP, dan SMA Putra Harapan, dan beberapa sekolah mitra yang ada di sekitar Purwokerto dengan jumlah sebanyak 1200 peserta. 


"Terima kasih kami sampaikan kepada para wali murid Putra Harapan, POMG (Persatuan Orang Tua dan Guru), LPA Putra Harapan dan Yayasan Islam Abdul Mukti yang telah mendukung dan memberi saran, masukan, gagasan, dana dan lain sebagainya," pungkasnya(Sgt 88 Protokoler Bms)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)