Kakankemenag Banyumas Hadiri Silatururrahmi DPAC FKDT Karanglewas dan FORMAT Banyumas

0

 

BANYUMAS, Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Karanglewas dan Forum Madrasah Al Ittihaad (FORMAT) Kabupaten Banyumas melaksanakan Silaturrahmi dan Halal Bi Halal 1445 H / 2024 M, untuk Ustadz-ustadzah, Staf Tata Usaha Madrasah, Pengurus, Kepala Madrasah, di Madrasah Al-Ittihaad 2 Desa Pasir Lor, Kec Karanglewas, Kab Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (09/05/2024) malam.


Kegiatan tersebut bertajuk tema "Merajut Persaudaraan Untuk MADIN Yang Lebih Baik Menuju Kemandirian MADIN dan Profesional". dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Banyumas beserta Jajaran Kasi, Ketua dan Pengurus DPAC FKDT dan FORMAT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, segenap Pengurus dan Kepala Madrasah, Ustadz-ustadzah dan Staf Tata Usaha Madrasah, serta undangan lainnya.

Acara diawali dengan penampilan grup hadrah ARJUSYAFA"AH, Tahlil, Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ya Lal Wathon dan Mars FKDT, Sepatah kata Panitia sekaligus Ketua DPAC FKDT, sambutan-sambutan, Ikrar Silaturrahmi dan Mohon Do'a Restu, Pengajian bersama KH. Imam Labib Hibaurrahman, Lc, M.S.I., Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh, Kembaran.


Ustadz Ikhsanudin, selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Silaturrahmi dan Halal Bi Halal mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud syukur Keluarga besar DPAC FKDT dan FORMAT serta 16 Madin yang ada didalamnya.


"Inti dari acara tersebut adalah silaturrahmi, do'a, saling memaafkan dan merawat silaturrahmi keluarga besar DPAC FKDT Karanglewas dan FORMAT Kabupaten Banyumas," ungkapnya.


Tuang rumah, Kepala Madrasah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor, Kursin Efendi, menyampaikan selamat datang di Madrasah Al Ittihaad 2 Pasir Lor, dan berpesan kepada para guru Madin, "ajarilah anak didikmu, sesuai jamanya, bukan sesuai jamanmu", unkap pesanya.


Selanjutnya Pembina dan Penasehat DPAC FKDT dan FORMAT KH. M. Ali Sodikin, juga ketua pengurus Madrasah Al Ittihaadv2 Pasir Lor, dalam arahanya menyampaikan terimakasih, syukur Alhamdulillah dan mengapresiasi kegiatan malam ini, menjadi momentum kebersamaan, sama-sama pejuang Madrasah.


"Kegiatan Silaturrahmi, Halal Bihalal ini merupakan tradisi bangsa Indonesia yang memiliki fungsi penting dalam menjalin silahturahmi dan saling memaafkan terutama selama dalam menjalankan aktifitas perjuangan yang kadang ada perbuatan atau perkataan kita yang menyinggung satu dengan yang lain, pada kesempatan yang baik ini, mari kita saling memaafkan dan kembali dari nol dengan lembaran baru," ungkapnya

Ada 16 Madrasah tergabung dalam Format, semua Madrasah dengan satu nama Al Ittihaad, dan satu kurikulum, akan tetapi berbeda-beda manajemen dalam pelaksanaan dimasing-masing Madin, dan tetap dalam satu tujuan, kebersamaan dalam perjuangan ikut mencerdaskan Kehidupan bangsa, itulah hebat nya Format. imbuhnya.


Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Banyumas, Dr. H. Ibnu Asaddudin , M.Ag., dalam arahannya diawali dengan apresiasi kepada DPAC FKDT dan FORMAT, Bahagia dan bangga dapat hadir di kegiatan malam ini, karena ini semua dapat mempererat hubungan, dan juga menciptakan ikatan yang lebih kuat antar sesama pengurus, kepala, guru, tata usaha Madin yang ada di dalam Format. Semoga bisa menginspirasi yang lain.


"Melalui momentum ini saya mengharapkan akan semakin meningkatkan rasa solidaritas, menjaga keharmonisan serta akan mempererat silaturahmi, terutama dalam melaksanakan pelayanan dan pengabdian dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah, untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan generasi penerus soleh-solehah berakhlaul karimah," Ungkapnya.


H. Ibnu, juga mengingatkan kalo Kementrian Agama juga ada Program BOP, Bantuan 10Jt untuk Madun, dan Bantuan Intesif untuk guru Madin 2.5 Jt se thn, yang kesemuanya diperoleh oleh semua Madin dan Guru-guru madin, yang tentunya dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan, dan melalui tahapan proses. InSyaAllah para operator emis madin, akan kami usulkan untuk anggarannya pada periode berikutnya, Imbuhnya


Jelang penghujung acara, pengajian Merajut Persaudaraan Untuk MADIN Yang Lebih Baik Menuju Kemandirian MADIN dan Profesional, siraman rohani dan do'a oleh KH. Imam Labib Hibaurrahman, Lc, M.S.I, menyampaikan seputar makna dan hikmah Silaturrahmi dan Halal Bihalal, ajakan mempererat silaturahmi, rajin doa dan ikhtiar, semangat mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk pada santri Madrasah, dengan meneladani perjuangan para muassis, seperti logonya Kemenag ikhlas beramal, yang diamini oleh semua yang hadir.


Pada akhir kegiatan ini dilaksanakan jabat tangan dan ramah tamah, juga gendu-gendu rasa(curhat). (Kontributor 88 Djarmanto-YF2DOI)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)