Notification

×

Iklan


Kegiatan Musyawarah Bentuk Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan Desa Cibinuang

22 Desember 2022 | Kamis, Desember 22, 2022 WIB Last Updated 2022-12-22T12:43:02Z


 Kuningan, patroli88investigasi.com – Pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2022 pukul 10.00 wib bertempat di Balai Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan telah dilaksanakan Kegiatan Musyawarah Bentuk Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan Desa Cibinuang.

Pelaksanaan Penganggaran Jalan Lingkar Timur-Selatan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dan dari APBN, berdasar pada Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.



Adapun susunan acara kegiatan tersebut , diantaranya ,Registrasi Warga yang mendapatkan ganti rugi tanah dengan membawa KTP, SPPT dan KK di cocokan dengan Daftar Nominatif ATR/BPN Kab. Kuningan.

Sambutan Kepala Kantor ATR/BPN Kab. Kuningan , Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Penentuan ganti rugi tanah / lahan milik masyarakat yang terdampak pembangunan Pemerintah dilakukan oleh  KJPP secara independen.

Pemerintah Kab. Kuningan berharap pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan dapat segera dilakukan setelah melakukan pembebasan lahan milik masyarakat tahap 1 ( Desa Windujanten, Dess Cibinuang, dan Kel. Citangtu)

"Bilamana terdapat kekeliruan terkait luasan tanah dan dapat menunjukan bukti, pemilik tanah dapat berkomunikasi dengan panitia. Bilamana masyarakat menyetujui terkait besaran harga tanah yang telah dikaji olek KJPP, maka minggu depan akan dilaksanakan pembayaran," ujarnya.

Penyampaian dari Pihak KJPP :

Penilaian terbagi menjadi dua yaitu Fisik dan non Fisik, adapun yang mempengaruhi harga penilaian antara lain letak/ posisi bidang, kontur tanah, dokumen tanah.

Terdapat beberapa kelompok yaitu sawah, tanah darat, dan lahan pasir. Masing2 kategori memiliki nilai sendiri, dasar nilai yang kita keluarkan adalah Nilai Penggantian Wajar, adalah nilai pasaran fisik dan non fisik tanah, nilai pasar kita hasilkan dari penilaian di lapangan. Sedangkan aspek non fisik adalah masa tunggu sejak penetapan lokasi sampai pembayaran ganti rugi.

Penyampaian pemilik tanah Pada umumnya masyarakat Desa Cibinuang sudah sadar dan menerima terkait tanah yang dibebaskan untuk pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan

Terkait harga pembebasan tanah masyarakat meminta untuk tidak dirugikan, melainkan meminta agar nilai ganti rugi tanah dimaksimalkan.

Adapun Hasil Musyawarah Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan di Desa Cibinuang Kec. Kuningan sebagai berikut :

1. Masyarakat yang setuju sebanyak 199 (seratus sembilan puluh sembilan) Orang.

2. Masyarakat yang tidak setuju sebanyak 6 (enam) Orang dengan alasan 3 (tiga) orang harnyanya kurang, 2 (dua) orang luasnya lebih, dan 1 (satu) orang belum ada ahli waris.

Terkait adanya masyarakat yang tidak setuju dengan nilai taksiran tanah yang ditetapkan KJPP, tahapan selanjutnya adalah Konsinyasi yaitu menitipkan berkas atas nama tersebut di pengadilan untuk selanjutnya dikaji.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H. M.H, Kadis PUTR Kab. Kuningan H.M Ridwan Setiawan, M.Si. M.H, Kepala DPKPP Kab. Kuningan Ir. Putu Bagiasna, M.T,  Kepala Kantor Pertanahan Kab. Kuningan Surahman, S.T. M.H,  Camat Kuningan Toni Kusumanto, AP. M.Si, Danramil Kuningan KAPTEN CBA Sunardi, Kapolsek Kuningan diwakili Panit Intelkam Polsek Kuningan AIPTU Kamid Widodo,  Kanit II Sat. Intelkam Polres Kuningan AIPTU Ayi M. Abdullah, S.H,  Plt. Kades Cibinuang beserta perangkat, Pemilik lahan ± 205 orang.

Jumlah bidang pada Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan di Desa Cibinuang Kec. Kuningan sebanyak 320 bidang (luas total 15,95 Ha), dengan jumlah pemilik sebanyak 205 orang, dan 10 rumah terdampak.

Selama berlangsung Kegiatan Musyawarah Bentuk Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan Desa Cibinuang berjalan aman tertib dan lancar.

(Supri,red)



×
Berita Terbaru Update