Notification

×

Iklan


Desa Padarama Termarjinalkan, Minimnya Sanitasi Dan Pengadaan Air Bersih

23 Desember 2022 | Jumat, Desember 23, 2022 WIB Last Updated 2022-12-23T06:40:15Z


Kades Padarama Suhaman saat di temui awak media

Kuningan,Patroli88investigasi.com-Kades Sukadana kecamatan Ciawigebang Suhaman bertutur saat dihubungi awak media ini, jumlah penduduk 1.900 dari sebanyak 630 KK, Desa yang luasnya 220 terisi tegalan 92 Ha dan 47 Ha Persawahan dan perumahan penduduk, desa seluas itu dibagi Dua Dusun, dan Tujuh RT serta Tiga RW.

Jalan menuju desa tersebut dari arah Ibukota Ciawigebng berjarak 2 KM perlu mendapat perhatian khusus karena tanahnya labil,  masyarakatnya sebagian buruh dan petani, juga sebagian urban.

Tidak adanya Irigasi, kurangnya fasilitas Kesehatan. Terutama untuk Sanitasi. Di rumah rumah penduduk masih ada yang memiliki kamar mandi, tapi tidak dilengkapi dengan Toilet. Sementara BAB ke kali Cibatu I. Adapun MCK umum tidak jalan karena tidak ada suplai air, namun kini sudah aktif itupun setelah berulangkali pemdes meberitahu

Ketiadaan air, baik air layak konsumsi maupun untuk keperluan lainnya di Blok Kramat kesambi RW I, padahal di sana itu areal pendidikan, "di sinipun kesuliatan air karena jaringan instalasi tidak mampu mengluarkan air, oleh karena itu diperlukan  teknisi instalasi.

Pemdes Padarama Sudah dua tahun menyampaikn laporan tapi tidak ada tanggapan dari pemerintah terutama dari PDAM. "Kami sudah seringkali meminta bantuan baik langsung ke PDAM maupun kepada Bupati tentang air bersih. Kami juga mengajukan permohonan bantuan sanitasi kepada PUTR itupun sama masih belum dapat," terang Kades.

Dalam paparan kades ketika menerima bansos dari fast respon juga media online patroliinvestigasi88.com berupa sembako yang secara simbolis diserahkan Pemred Deden hardening ini alakadarnya, juga bantuan pembuatan KTP gratis dari Disduk Capil. "Masyarakat mendapat layanan KTP sebanyak 200 pemohon dengan layanan KTP Elektrik dan KTP Digital yang saat itu juga langsung jadi," jelas Kadisdukcapil Yudi Nugraha selain itu acara penyerahan bansos sembako juga dari Baznas yang disimboliskan Yusron Kholid.

Acara yang dihadiri oleh Kapuskesmas Cihaur  dr. Tatang juga Babinkamtibmas serta Babinsa yang mewakili Polsek serta Koramil Ciawigebang. Sementara Camat Ciawigebang tidak tampak menghadiri acaracpenyerahan Bansos (Mans Bom)

×
Berita Terbaru Update