Notification

×

Iklan


JPZIS BERES Peduli Kebencanaan, Hujan Deras di Purwokerto, sedikitnya 26 Rumah 85 KK Terendam air setinggi Dada

15 November 2022 | Selasa, November 15, 2022 WIB Last Updated 2022-11-14T23:54:35Z



Banyumas,Patroli88investigasi.com_Hujan Deras di Purwokerto, menyebabkan luapan air sungai Suling yang  melintang, sekaligus sebagai batas wilayah,  antara Wilayah Kel Karanglewas Lor Kec Purwokerto Barat dengan Wilayah Desa Karanglewas Kidul Kec Karanglewas Kab Banyumas, meluap ke lorong, halaman rumah, sedikitnya 26  Rumah 83 KK 160 jiwa Terendam Banjir setinggi Dada. Ada 20 KK sementara harus mengungsi dan bermalam di Madrasah Diniyah Al-Barokah Karanglewas Lor Kec Purwokerto Barat.



Sebagian wilayah di Kelurahan Karanglewas Lor Kec Purwokerto Barat, Khususnya di RT 001 RW 003 yang lokasi berada paling dekat dengan sungai Suling, pada jam 15:00-17:00 Wib sempat terendam air, akibat hujan deras yang mengguyur sejak Siang hari, dan volume debit air sungai semakin bertambah, akhirnya  meluap dan merobohkan sebagian dinding rumah warga, kumudian menjadi jalan masuk luapan air sungai ke lingkungan tempat tinggal warga, Ahad 13 Oktober 2022.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, didampingi Lurah Karanglewas Lor, Budi Nugroho, Suyanto Prihantoro, dilokasi kejaduan kepada awak media menyampaikan, sedikitnya ada 26   rumah warga yang terendam banjir di wilayah RT 001 RW 003 Kelurahan Karanglewas Lor Kec Purwokerto Barat, kesemuanya sudah dievakuasi oleh Tim BPBD, Pramuka, Tagana, Dinsos, Linmas, Polsek, Koramil, Ansor, Banser, Pemuda Pancasila dan warga sekitar lokasi, sementara 20 warga Mengungsi bermalam di Madrasah Diniyah Al-Barokah yang berjarak 350 mtr ke arah utara dari lokasi bencana.

“Itu karena limpasan  Sungai Suling yang melintasi wilayah Kel Karanglewas Lor Kec  Purwokerto Barat dan  meluap, ketinggian air limpasan mencapai 50 cm – 1.2 meter. Total ada 22 rumah yang terendam selama 1-2 jam,” ujarnya, Ahad (13/11/2022).

Puncak Banjir terjadi sekitar pukul 16:00 WIB, Sungai Suling meluap dan merendam 26 Rumah.   dalam waktu singkat Tim Terpadu langsung membantu evakuasi, dan BPBD, Dinsos, Kemenkes Banyumas,  SMK Wiworotomo, membawa bantuan berupa, Logistik, Sembako dan makan anak, Lauk siap saji, Logistik Pakain, Slimut, Kasur, Mantras, Karpet, terpal, Pempers, Jelas Budi Nugroho

Semua Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua BPBD, Budi Nugroho didampingi unsur Dinsos, diterima oleh Lurah Karanglewas Lor Suyanto Prihantoro untuk para korban baik yang malam ini mengungsi maupun yg masih berada di rumah warga.

“Tidak ada dampak berat dari peristiwa tersebut, tapi masih memungkinkan terjadi banjir susulan kalau malam ini hujan, lebat, semoga saja tidak tidak turun hujan ” Jelas Lurah Karanglewas Lor

Sektetaris JPZIS NU Care-LAZISNU BERES Purwokerto Barat, Asron juga sebagai Kepala Madrasah Diniyah Al-Barokah, didampingi beberapa Petugas Lapangan dan munfiq sedekah koin JPZIS BERES, juga ikut serta turun ke lokasi membantu melakukan evakuasi warga dan mempersiapan Madrasah sebagai tempat pengungsian sementara, dan  malam menyerahkan bantuan kepedulian kebencanaan, berupa  uang tunai 1 jt, yang diterima oleh Ketua LPMK Karanglewas Lor Haryanto.

Meski banjir dengan luapan air cukup banyak, Alhamdulillah dalam waktu 2 jam kemudian sudah terus semakin surut dan dapat dipastikan tidak ada korban jiwa. Hanya saja warga harus melakukan proses pembersihan material lumpur akibat banjir, dan mayoritas pada bagian dapur tidak dapat difungsikan untuk memasak, Imbuh anggota Linmas, Supriyanto.

Slh.

×
Berita Terbaru Update