Notification

×

Iklan


Lestarikan Budaya Sunda, Kapolsek Cingambul Hadiri Giat Tradisi Kujang Day Nusantara

31 Oktober 2022 | Senin, Oktober 31, 2022 WIB Last Updated 2022-10-31T01:50:44Z


Majalengka, patroli88investigasi.com –Kapolsek Cingambul Polres Majalengka Polda Jabar menghadiri Kegiatan Tradisi  Kujang Day Nusantara Tahun 2022 yang bertempat di Kampung Silat Nagarakembang Gunung Bitung Desa Nagarakembang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka.

" Tradisi Budaya Kujang Day  Nusantara Tahun 2022 Ini diikuti oleh berbagai Padepokan Pencak Silat yang ada di Majalengka da  luar Kota Majalengka Seperti Bekasi, Purwakarta, Banten bahkan dari Negara Malaysia secara Virtual untuk membuktikan di mata Internasional Sebagai Kesenian Warisan Budaya Indonesia,"kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Cingambul IPTU Budiman Hidayat disaat dikonfirmasi pada Senin (31/10/2022).

Kami Apresiasi atas digelarnya acara Kujang Day Nusantara ini, karena untuk mengangkat Tradisi Seni dan Budaya Sunda,"tuturnya.

Kujang merupakan salah satu ciri khas di wilayah Jawa Barat ataupun Sunda. Dilihat dari sejarahnya, kujang itu mulai ada di Jawa Barat sekitar abad ke-8. Namun dalam catatan sejarah yang lain, dinyatakan abad ke 14 ketika Padjajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi saat itu berkibar baik kekuasaan maupu pelayanan."ungkapnya.



"Semangat masyarakat Sunda adalah semangat kujang tidak boleh ada warga Jawa Barat yang mudah menyerah serta mudah tertinggal perkembangan zaman, “ujar IPTU Budiman Hidayat.

Tak lupa, Kapolsek juga menghimbau dan juga mengajak Padepokan Padepokan Khususnya diwilayah Kabupaten Majalengka Khususnya di Cingambul untuk bersama - sama menjaga dan memelihara Kamtibmas dan tetap jaga Persaudaraan",imbaunya.

Turut hadir juga dalam acara ini Kadis Pendidikan Kabupaten Majalengka Dr.Hj.Lilis Yuliasih,MPd, Pasiter Kapten Inf.Baderi, Muspika Cingambul,Kepala Desa Nagarakembang Ened dan Tokoh-Tokoh.

(Dens,Moh Asep)



×
Berita Terbaru Update