Notification

×

Iklan


Bersama Warga, Bhabinkamtibmas Polsek Kuningan Gotong Royong Bersihkan Sampah di Saluran Air

30 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 30, 2022 WIB Last Updated 2022-10-30T01:46:05Z




Kuningan,Patroli88investigasi.com_POLRES KUNINGAN - Hujan lebat mengguyur Kabupaten Kuningan yang berdampak mengakibatkan terjadinya jembatan rusak dan luapan air di lokasi DAM Bendungan Ancara yang menggenangi jalan poros, menyikapi dampak kejadian tersebut sehingga personil Polsek Kuningan Bripka Hasanudin, lpda Yayan Sudrajat dan dibantu kades Ancaran Mugni beserta perangkat dan warga desa Ancaran sekaligus selaku Bhabinkamtibmas menyambangi desa guna membantu masyarakat, Sabtu (29/10/2022).

Dalam menyikapi adanya jembatan rusak yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan, personil mengajak warga sekitar untuk membantu memasang tanda larangan melintas dan menyampaikan serta mengarahkan kepada pengendara yang hendak melewati jembatan agar memutar balik melewati jalur lain.

Terkait menanggulangi luapan air hujan yang menggenangi jalan umum, personil ikut bergotong royong membantu masyarakat membenahi saluran air agar aliran air kembali lancar dan cepat surut.

Sementara ditempat terpisah, Kapolsek Kuningan Kompol Edi Baryana saat dikonfirmasi Awak Media  mengatakan, bahwa melihat kondisi cuaca yang saat ini curah hujan cukup tinggi, agar Bhabinkamtibmas untuk lebih sering menyambangi desanya masing-masing untuk memantau situasi dan kondisi pasca hujan.

Kapolsek menambahkan apabila terjadi dampak akibat kondisi alam yang dapat berpotensi membahayakan orang umum agar segera dilaporkan untuk cepat diatasi/ditanggulangi, tutup Kapolsek.

Selain menjalin rasa gotong royong antar aparat dan masyarakat, kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu cara mendekatkan diri dengan masyarakat, seringnya bersama-sama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, baik kerja bakti maupun pertemuan-pertemuan desa serta acara adat istiadat.

Kegiatan kerja bakti ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan karena merupakan bentuk ibadah, dan selain itu dengan kerja bakti juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi antar warga sehingga terbina kerukunan dan rasa toleransi antar warga.

Dengan suasana gotong royong ini diharapkan dapat tercipta kemitraan antara aparat Polri khususnya dengan masyarakat, karena kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah positif dalam menekan bahaya gangguan kamtibmas.

Kerja bakti dimaksudkan juga untuk bertemunya antar warga karena kesibukan sehari-hari, dalam kerja bakti ini kita dapat menikmati susana sambil bersenda gurau yang dapat menimbulkan kegembiraan dan keakraban antar warga.

Dalam kerja bakti para pejabat RT ataupun pemerintahan dapat memberikan semangat dan pengarahan dalam masalah kebersihan, sampah dan kebijakan pemerintahan. Hanya dibutuhkan kemauan/niat dari para pejabat pemerintah setempat untuk turun kelapangan.

Kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak mengharapkan imbalan uang, dilakukan secara sukarela, hasilnya dapat dinikmati bersama-sama, dalam situasi sekarang ini memang sulit dilakukan karena kesibukan dan rasa egoisme dari pribadi.

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan-pembangunan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan.

Karena semua warga terutama pria berkumpul sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum ala kadarnya, menjadikan rasa saling gotong royong dalam kerja bakti tersebut akan menciptakan kerukunan yang mungkin sulit dicapai pada kesempatan lain. Inilah momentum untuk membangun kerukunan antar warga.

*supri*

×
Berita Terbaru Update