Notification

×

Iklan


Musdes Sosialisasi RKP,Des 2023 karang Tawang Nusawungu Tahun Jelang Tranformasi UPK - BUMDesma

15 September 2022 | Kamis, September 15, 2022 WIB Last Updated 2022-09-15T06:35:49Z

 


Cilacap, patroli88investigasi.com – menindak lanjuti Peraturan Menteri Desa (Permendes) no.15 tahun 2021, tentang tata cara pembentukan pengelola dana bergulir masyarakat, eks PNPM Mandiri Perdesaan, menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang badan usaha milik Desa.

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD), menerima laporan pertanggungjawaban pengelola BKAD tahun 2022 menuju tranformasi Unit Pelaksana Kerja (UPK) menjadi Bumdesma Lembaga Keuangan Desa (LKD).



Dalam kesempatan tersebut turut hadir camat Nusawungu Misran SH MH menyampaikan BUMDesma hukumnya wajib dan di dampingi oleh pendamping Desa dan lebih selektif untuk memilih ketua nantinya,Dan UPK di Nusawungu masih jor joran paparnya.

Turut  hadir Kepala BKAD Kecamatan Nusawungu perwakilan Unit Pelaksana Kerja (UPK)  Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi Desa, dan Sumber Daya Alam Manusia Teknologi Tepat Guna.

Selain itu juga , hadir tokoh masyarakat setempat dan lembaga Desa RT RW dan karang taruna Babinsa serta Babinkamtibmas Nusawungu    , nantinya Dari seluruh Desa yang berjumlah 17 Desa akan melaksanakan sosialisasi dan transformasi UPK PNPM menjadi BUMDesma ,Dengan adanya tranformasi tersebut sangat mengapresiasi Dan setuju mendukung dengan kerja yang totalitas ungkap  Kepala Desa karang Tawang Sutarno A,Ma Pd.

Serta undangan lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung pada Hari Kamis tanggal 15 Bulan September tahun 2022 

Kepala BKAD Nusawungu melalui proses panjang sebagai Badan Pengawas BKAD mengatakan, BKAD awalnya  merupakan PNPM Masyarakat Perdesaan yang bertujuan menguatkan ekonomi di tingat perdesaan.

"Untuk penguatan ekonomi di tingkat desa maka menindak lanjuti Keputusan Permendes nomer 15 tahun 2021 maka UPK - BKAD  Kecamatan Nusawungu akan  menjadi BUMDesma LKD melakukan laporan pertanggungjawaban tahun 2022 dan merencanakan program di tahun 2023 terangnya.

Ketua BPD beliau menambahkan bahwa program tranformasi UPK menjadi BUMDesma LKD merupakan sebuah mimpi dari penyelenggara desa dalam mewujudkan penguatan ekonomi di perdesaan.

"Dengan adanya peralihan  progra UPK menjadi BUMDesma LKD, nantinya pengelolaan keuangan di perdesaan semakin tinggi sehingga bisa mandiri saat melaksanakan kegiatan pembangunan di tingkat perdesaannya akan lebih mudah karena sudah punya modal," tandasnya.

Sementara itu , Suhartati S,sos Mm   berpesan kepada pengelola BKAD dan BUMDesma agar lebih maksimal dalam pengelolaannya sehingga dapat semakin meningkat perekonomian di tingkat perdesaan.

"Dia juga berharap, dalam pelaksanaan tranformasi UPK menjadi BUMDesma LKD atau saat peralihan agar tetap dapat mengembangkan perekonomian di tingkat perdesaan," pungkasnya.

(shlh)


×
Berita Terbaru Update