Notification

×

Iklan


Kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi Diharapkan Bisa Menahan Masyarakat Kuningan Tercipta Kondusif Dan Aman

31 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 31, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T14:34:25Z


Kuningan,Patroli88investigasi.com Pemantauan Polres Kuningan saat ini masyarakat kuningan kondusif ketika mendengar isu kenaikan harga BBM subsidi disinyalir akan dinaikkan di rentang harga Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per liter, dari harga Pertalite saat ini Rp 7.650 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter. Menurut Kasi humas polres kuningan Ipda Endar kepada masyarakt agar selalu tenang,Berikut langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah.

Kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi diharapkan bisa menahan konsumsi penggunaan bensin itu sehingga subsidi dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tahun ini mencapai Rp 502,4 triliun.

Penyesuaian harga BBM Subsidi ini memang sudah tidak bisa dihindari lagi, sebagai dampak dari kenaikan harga minyak mentah dunia. Seperti diketahui harga minyak mentah dunia sempat bertengger lama di atas US$ 100 per barel.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa pemerintah juga menyediakan jenis bantuan lain selain BLT sebagai pengganti subsidi BBM sebanyak Rp 24,17 triliun. Berdasarkan paparan Sri, diketahui terdapat tiga jenis bantuan yang akan diberikan sebagai pengalihan subsidi BBM. Berikut rinciannya:

Bantuan Langsung Tunai senilai Rp12,4 triliun Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan disalurkan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat dalam bentuk bantuan langsung tunai pengalihan subsidi BBM. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp12,4 triliun. Masyarakat nantinya akan mendapatkan Rp300 ribu sebanyak dua kali. Sri mengatakan bantuan ini akan dibayarkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia.

Bantuan Sosial Upah 16 Juta pekerja Bantuan sosial ini diberikan kepada Rp16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimal Rp 3,5 juta rupiah per bulan. Bantuan diberikan sebesar Rp 600 ribu rupiah dengan total anggaran Rp 9, 6 triliun rupiah.

Bantuan Sosial Pemda Rp2,17 triliun Bansos ini nantinya akan didistribusikan pemerintah daerah. Sri menyebut terdapat anggaran sebesar Rp2,17 triliun di pemerintah daerah yang dapat digunakan untuk memberikan tambahan bansos ke masyarakat.

Saat ini situasi pantauan Kasi Humas polres kuningan Ipda Endar berkata situasi aman terkendali masyarakat kuningan ujarnya. Di tempat yang berbeda di ruangan nya menurut Kapolres Kuningan   AKBP Dhany Aryanda,  pun berpesan kepada masyarakat agar jangan sampai terperopokasi oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab maka kapolres berpesan agar tercipta situasi kondusip dan aman.

*Humas polres Kuningan*

×
Berita Terbaru Update