Notification

×

Iklan


Dinkes Kabupaten Bangkalan Menganjurkan Masyarakat Untuk Waspada Terhadap Penyakit Menular

29 Agustus 2022 | Senin, Agustus 29, 2022 WIB Last Updated 2022-08-29T14:23:30Z


BANGKALAN, Patroli88investigasi.com – DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan meminta masyarakat tetap mewaspadai gejala penyakit cacar monyet meski sejauh ini belum ditemukan kasusnya di Bangkalan.

Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Bangkalan, Rizkiyah Nuni Wahyuni menyebutkan gejala cacar monyet dimulai dari badan demam atau panas dan ruam-ruam pada kulit.

"Meski cacar monyet tidak mendesak, masyarakat juga perlu hati-hati karena virus itu menular melalui kontak langsung meskipun bukan melalui udara," Ucapnya, Senin (29/08/2022).

Riskiyah mengatakan hingga saat ini kasus cacar monyet di Bangkalan belum ditemukan namun harus tetap diwaspadai. Salah satunya dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kalau makanan kita terkontrol maka imun kita juga akan baik. Yang terpenting jaga pola hidup sehat," pesannya.

Cacar monyet sudah mulai menyerang di beberapa negara. Bahkan di Indonesia sudah ditemukan. Bangkalan bersama kabupaten lain sejauh ini hanya melakukan persiapan-persiapan sebagai langkah antisipasi melalui PHBS. 

"Kebetulan bersamaan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), bulan imunisasi anak sekolah sebagai program-program pemerintah yang harus diikuti masyarakat," ungkapnya.

(Rudi)



×
Berita Terbaru Update