Notification

×

Iklan


Ruqyah Masal Pertama Paska Pandemi C-19, bersama PRNU Karanggintung dan PC JRA KSatria Banyumas

17 Juli 2022 | Minggu, Juli 17, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:07:46Z


Patroli88investigasi.com

Pengurus Ranting NU Karanggintung Kec Sumbang Kab Banyumas bekerjasama dengan Kepala Desa, dan Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) KSatria Banyumas menggelar Ruqyah Massal

Kegiatan Ruqyah Massal Terapi Qur'ani tersebut digelar di Aula Balai Desa Karanggintung Kec Sumbang Kab Banyumas, diikuti 100 an Peserta dari berbagai Asal daerah aik dari Wilayah Kab Banyumas dan luar Banyumas, Ahad  (1//07/2022) pukul 08:00 - 13:00 Wib dengan Penjagaan Banser


Pengurus Ranting NU Karanggintung dan juga sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang JRA Kec Sumbang, Kiai M. Fuad Hasyim mengatakan, Ruqyah bermakna do'a. Mohon perlindungan kepada Allah Swt dengan cara membaca ayat-ayat suci al-Quran. Do'a maupun Sholawat nabi untuk ikhtiar mengharapkan kesembuhan dari Allah Swt untuk  berbagai penyakit, baik medis, non medis maupun gangguan makhluk halus/gaib.

Hadir juga Ketua dan Pengurus PC JRA Kab Banyumas, Kiai Mustholih, S.Pd.I bersama-sama pengurus harian dan prattisi peruqyah level PC JRA sebagai bentuk support Penyemangat kepada Panitia Penyelenggara Ruqyah Masal

Ketua PC JRA, Kiai Mustholih, S.Pd.I, Menyampaikan, Selamat dan sukses atas pelantikan Pengurus PAC JRA Kec Sumbang sekaligus menjadi PAC JRA yang ke-16 dari 27 Kec Se Kab Banyumas, kami Bersyukur bangga dan terharu terhadap Panitia penyelenggara yang bekerjasama dengan Kepala Desa, bisa menyelenggarakan ruqyah masal yang pertama kali di Wilayah Kab Banyumas paska pademi C-19 yang dihadiri dan diikuti oleh ratusan orang peserta bertempat di Aula Balai Desa Karanggintung Kec Sumbang.

Kegiatan serupa juga pernah gigelar beberapa kali sebelum masa pandemi C-19 di beberapa wilayah Kecamatan se Kab Banyumas, namun setelah Pandemik C-19 Baru kali ini dilaksanakan, dalam perjalananya selama ini, masyarakat antusias berduyun-duyun mengikuti kegiatan Ruqyah Massal yang diadakan JRA, semua bentuk ikhtiarnya masyarakat yang berharap kesembuhan dari Allah Swt dari penyakit yang dideritanya.

Di samping itu, para Roqi atau Peruqyah, juga sering diundang oleh warga masyarakat untuk melakukan Ruqyah atau do'a di rumah-rumah warga secara mandiri, ataupun kelompok masyarakat” kata Kiai Mustholih, S.Pd.I.

Menurut Kiai Mustholih, S.Pd.I., para Roqi (Peruqyah) dalam aktivitasnya selalu diawali penjelasan bahwa kegiatan Ruqyah ini merupakan syiar, gerakan dakwah yang berfaham ahlus sunah wal jama’ah an-nahdliyah. Mengingatkan kembali akan fungsi al-Qur’an itu sebagai al-Huda (petunjuk), As-Syifa (Penyembuh) dan Rohmatallil ‘alamin.

Ikhtiar berobat dengan metode ruqyah merupakan perintah Allah Swt dan anjuran Nabi Muhammad Saw, juga untuk membentengi umat Islam Khususnya dan Masyarakat umum dari praktek-praktek pengobatan maupun pedukunan yang berbau kesyirikan yang sampai saat ini masih juga terjadi.

Masyarakat diingatkan bahwa Allah Swt adalah Sang penyembuh segala macam penyakit, adapun Peruqyah, tabib, dokter, mantri, bidan, suster dan para medis tidak punya kuasa apa-apa, hanya mengamalkan ilmu yang dipelajarinya dan menjalankan perintah Allah Swt dengan melakukan ikhtiar pengobatan sesuai bidang keahliannya masing-masing.

Riko dari Bobotsari Kab Purbalingga dan Susantika Lestari dari Karanggintung peserta Ruqyah, menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah dapat kesempatan bisa hadir dan mengikuti langsung dilokasi semua rangkaian do'a, sholawat, bacaan Ayat-ayat Al-Qur'an ikut ikut di ruqyah, terimakasih kepada Panitia penyelenggara dan JRA semakin hari kehadiranya semakin dirasakan kemanfaatanya syiar dakwahnya dengan kegiatan ruqyah dan senantiasa ditungu kehadiranya oleh masyarakat diberbagai wilayah dan jangan hanya kali ini saja, namun bisa dijadwalkan 2-3 bulan sekali secara bergiliran.

Kepala Desa Karanggintung, Harsiyadi duduk bersama PH PL JPZIS NU Care-LAZISNU BERES Banyumas juga hadir menyaksikan langsung atas undangan dari Ketua PRNU Karanggintung, sangat mengapresiasi kegiatan ruqyah massal, InSyaa Allah cara syiar dan dakwah JRA dengan kegiatan Bacaan Ayat-ayat Al-Qur'an, Sholawat dan doa dapat membantu masyarakat mengapai Kesehatan lahir bathin dan menjadi benteng persatuan kesatuan semakin erat kuatnya tali silaturrahmi,” terang Harsiyadi dan Intan Mu'jizat Luhur Kusuma Djati Petugas Lapangan JPZS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat sekaligus mendokumentasikan semua sisi rangkaian acara ruqyah masal kali ini.

(Djarmanto-shlh)



×
Berita Terbaru Update