Notification

×

Iklan


NU Care-LAZISNU Banyumas perbaikan RumahAmbruk Nenek Waris(88 th) Aktifis Muslimat NU Cihonje Gumelar

20 Juli 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:07:46Z












Banyumas brita patroli 88 investigasi ,com Unit Pengelola Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Ranting Cihonje, UPZISNU MWC NU Kec Gumelar, mengandeng PC LAZISNU Banyumas JPZIS NU Care-LAZISNU BERES Purwokerto Barat Banyumas, terus mewujudkan keseriusan konsistensi atau istiqomah dalam membantu merawat kepedulain sesama dan menyebarkan manfaat.


Seperti halnya pada ini Rabu, 20 Juli 2022 Jam 17:25 Wib, Ketua MWC NU Kec Gumelar, KH. Warkim, bersama-sama Ketua dan Pengurus NU Ranting Cihonje, Ketua dan Pengurus UPZISNU Ranting Cihonje, MWC NU Kec Gumelar Silaturrahmi melaksanakan penyerahan pentasarufan ZIS dan shadaqah subuh Gerakan Koin NU Peduli dalam bentuk Program Benah Rumah paskah bencana non alam di Cihonje Gumelar. Aksi sore ini ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bidang program Siaga Bencana.


Bantua uang tunai 3,3 Juta diberikan oleh KH. Warkim dan Kiai Masrokhan sebagai duta dari PC LAZISNU Kab Banyumas dan Kiai Slamet mewakili JPZIS BERES Purwokerto Barat bersama-sama menyerahkan bantuan yang diterima oleh Siswan putra dari Nenek Waris, bertempat di salah satu bagian rumah depan di Grumbul Babakan Kidul RT 002 RW 014 Desa Cihonje Kec Gumelar.


Sumber dana bantuan uang tunai terkumpul dari PC LAZISNU Banyumas 2jt, JPZIS BERES 500rb, UPZISNU MWC NU Gumelar 500rb dan UPZISNU Ranting NU Cihonje 300rb, total 3,3 jt untuk modal awal biaya benah / perbaikan atap rumah yang ambruk yang ditempati nenek waris (88 th) aktifis Muslimat NU (20/07/2022)


Pada Senin dini hari jam 00:15 Wib tanggal 12 juli 2022 Nenek Waris, mendapatkan musibah berupa ambruknya atap rumah yang ditinggali bersama anggota keluarganya. Kayu rangka atap sudah banyak lapuk, banyka yang keropos dimakan rayap, ditambah lagi kualitas kayu biasa-biasa saja, serta dibarengi situasi hujan dan angin mengakibatkan ambruknya atap rumah tersebut, Alhamdulillah semua selamat dan sehat wal'afiat tanpa ada yang luka sedikitpun.


Selain itu, bagian belakang dan separo atap rumah ambruk total dan parah kerusakannnya, diprediksi kerugian kurang lebih sekitar 25-30 juta rupiah.


Berita musibah tersebut dengan cepat diketahui oleh tetangga dan dilaporkan kepada Ketua RT ketua RW dan diteruskan ke Pemerintah Desa Cihonje, Pemerintah Kecamatan Gumelas, BPBD, PMI Banyumas, BAZNAS Banyumas dan juga diinformasikan ke UPZIS NU Care-LAZISNU Ranting Cihonje dan UPZISNU MWC NU Gumelar, disampaikan juga ke PC LAZISNU Kab Banyumas.


Respons cepat dan guyub rukun spontanitas warga, tokoh masyarakat tokoh agama dan sigapnya pemerintah Desa, dibuktikan dengan datang survai ke lokasi musibah yang sangat memprihatinkan, dan langsung gotong rotong mengevakuasi reruntuhan dan bersih-bersih puing serta berusaha menyelamatkan segala sesuatu yang sekitanya masih bisa dimanfatkan. Dan melakukan dokumentasi pencatanan inventarisasi sebagai bahan untuk asesmen kelayakan dan analisis logistik bantuan.


Bekerjasama dengan warga lingkungan, Ketua Pengurus RT & RW, Takmir Masjid & Mushola, Pemdes, PRNU, Banom NU Lembaga NU, BPBD Banyumas, PMI Banyumas, UPZISNU Cihonje dan UPZISNU MWC NU Kec Gumelar, yang kesemuanya melibatkan diri di lapangan, pada hari Senin 12 Juli 2022 proses surve pendataan dan sebagian langsung melaksanakan evakuasi dan renovasi rumah.


Proses renovasi dilakukan secara bertahap dan sudah berjalan delapan hari dan dikerjakan oleh panitia kecil yang dibentuk dari warga sekitar, para perangkat desa, para relawan UPZISNU serta banom NU dalam seperti Ansor-Banser Ranting Cihonje. Sumber dana yang ditasarufkan berasal dari NU Care-LAZISNU ditambah dengan hasil swadaya warga masyarakat, pemerintah desa dan bantuan dari berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, menjadi modal penting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. 


"Keterlibatan semua pihak akan memperlancar pelaksanaan benah dan porbaikan rumah nenek Waris," kata Rugito Kadus 4 (empat) Desa Cihonje.


Kiai Slamet Ketua UPZISNU MWC Kec Gumelar mengatakan, "Dengan gotong royong tenaga pikiran biaya dan kebersamaan dilokasi seperti ini insyaallah beratnya musibah apapun yang dialami masyarakat akan terasa ringan karena semua ikut membantu lahir bathin dengan segala kapasitasnya masing-masing." ucap Kiai Slamet


Ucapan terima kasih disampaikan Nenek Waris dan sirwan sambil meneteskan air mata sebagai penerima manfaat kepada NU Care-LAZISNUdan JPZIS BERES, Pemerintah Desa Cihonje dan semua pihak yang telah sudi memperhatikan dan membantu keprihatinan dan kesusahannya, ucap Sirwan dan nenek Waris.


"Semoga Allah Swt memberikan balasan yang lebih baik dan dilipat gandakan atas semua jerih payah para relawan umumnya dan para Munfiq NU Care-LAZISNU dalam kegiatan ini dan terima kasih untuk semua pihak yang turut serta membantu benah perbaikan rumah ini," pungkas nenek Waris (88 th)

Kontributor : Djarmanto - shlh.

×
Berita Terbaru Update