Notification

×

Iklan


Kelompok UMKM Mutiara Hitam Desa Kalimati Butuh Perhatian Pemda

19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:07:46Z




Kuningan, Patroli88investigasi.com._ Dalam pemulihan ekonomi sekarang,banyak umkm yang memulai usaha kembali setelah tahun2 kmaren terdampak covid-19. Salah satu nya adalah kelompok umkm mutiara hitam.  kelompok UMKM trsebut sudah berjalan selama kurang lebih 1 tahun. UMKM ini bergerak di bidang pembuatan kayu arang yang  tempatnya berada di Desa Kalimati Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan.

Proses pembuatan kayu arang tersebut masih menggunakan cara tradisional,dengan cara kayu yang akan di jadikan arang tersebut di bakar lalu di tutupi pakai jerami padi dan di tutupi kembali dengan tanah lempung, agar api tidak langsung membakar habis kayunya.

Menurut keterangan Agus selaku Ketua kelompok UMKM Mutiara Hitam, proses pembuatan arang secara tradisional membutuhkan waktu sekitar 3 hari 3 malam, sedangkan kalau menggunakan tungku pembakaran waktu yang di butuhkan lebih cepat,jd proses pembuatannya juga lebih cepat dan qualitas yang di hasilkan juga lebih baik. Jadi Harapan nya adalah agar pemerintah kabupaten kuningan melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian dalam bentuk bantuan alat produksi kayu arang ( tungku pembakaran arang),agar yang tadinya hanya memproduksi 4 ton sebulan, bisa mencapai lebih. Apalagi pekerjaan  pembuatan kayu arang ini di kerjakan oleh 5 orang anggota UMKM jadi bisa lebih cepat. _ Anggi AP

×
Berita Terbaru Update