Notification

×

Iklan


Kapten CPM Sayana : Cegah Stunting Untuk Masa Depan Anak yang Lebih Baik

23 Juli 2022 | Sabtu, Juli 23, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:07:46Z


Sragen, patroli88investigasi.com –Kapten Cpm Sayana Komandan Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen bersama Muspika Kecamatan Gondang melaksanakan Komsos dalam rangka penanganan Stunting untuk Desa Kaliwedi Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jum’at ( 22/07/2022 ).

Menurut Kapten CPM Sayana, Belakangan ini kita sering mendengar tentang Stunting dan sering dibicarakan oleh ibu-ibu yang memiliki anak balita. Stunting dan pendek memang sama-sama menghasilkan tubuh yang tidak terlalu tinggi. Namun stunting dan pendek adalah kondisi yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang tidak sama. Singkatnya stunting adalah pendek namun pendek belum tentu stunting.

Stunting pada anak memang harus menjadi perhatian dan diwaspadai. Kondisi ini dapat menandakan bahwa nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik. Jika dibiarkan tanpa penanganan, stunting bisa menimbulkan dampak jangka panjang kepada anak. Anak tidak hanya mengalami hambatan pertumbuhan fisik, tapi nutrisi yang tidak mencukupi juga mempengaruhi kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak anak.

Kapten Sayana mengungkapkan, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Balita pendek (stunted) dan sangat penting (severety stunted) adalah balita dengan panjang badan (PB/U) dan tinggi badan (TB/U) menurut umurnya dibandingkan dengan standar baku WHO-MGRS tahun 2006.

(Agus Kemplu)



×
Berita Terbaru Update