Notification

×

Iklan


Kabid Humas Polda Jabar : Polisi terjun langsung ke Bencana Tanah Longsor Di Desa Seusuepan

18 Juli 2022 | Senin, Juli 18, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:07:46Z


KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA 

DAERAH JAWA BARAT 

BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT


SIARAN PERS

PATROLI88INVESTIGASI.COM

Kapolsek Caringin Polres Sukabumi Polda Jabar terjun langsung ke lokasi tanah longsor dan mengunjungi  warga yang terdampak tanah longsor serta membantu membuat dinding penahan supaya tidak terjadi longsor di Desa Seueupan, Caringin. Minggu (17/7/2022) .

Seluruh Anggota Polsek Caringin Polres Sukabumi Polda Jabar turut serta membantu masyarakat yang terdampak longsor, anggota  Bripka Rahmat dan Bripka Yusuf serta Ahmad merupakan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat Kecamatan Caringin. 


Dilokasi berbeda,  Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polres Sukabumi Polda Jabar yang sigap dan terjun langsung membantu masyarakat yang terdampak longsor yang mengancam pemukiman warga.

Kapolsek Caringin Polres Sukabumi Polda Jabar  Ipda Sugiarto, S.Ip  menyampaikan bahwa memang benar  telah terjadi bencana tanah longsor pada sabtu (16/7/2022) sekira pukul 04.00 WIB dini hari yang beralamat Desa Seusupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi.

"Kejadian tersebut terjadi akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Caringin dan mengakibatkan longsornya tanah sepanjang 5 M dengan ketinggian 5 M " Tambahnya.

Diterangkan bahwa Kapolsek Caringin Polres Sukabumi Polda Jabar  saat meninjau lokasi tersebut,  terdapat dua rumah warga yang terdampak akibat longsoran tanah yakni rumah milik Herman dan Dadang yang beralamat di Kampung Ciseupan Hilir Rt. 003 Rw. 004 Desa Seusupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, " Terangnya.

Tindakan penanggulangan sementara ini dilakukan oleh personel Polsek Caringin Polres Sukabumi Polda Jabar yaitu dengan melakukan pembersihan material longsor , perbaikan sementara sekitar lokasi kejadian yaitu dengan  menyediakan semen berikut batu - batuan untuk membangun dinding penahan agar tanah tidak semakin longsor, selain itu membuat karung - karung berisi tanah untuk menahan agar tidak terjadi longsor susulan, serta batu-batu yang disusun untuk menahan tebing agar tidak mengenai rumah dibawahnya.

Untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan pihak Kepolisian melakukan evakuasi kepada pemilik rumah yang tertimpa longsor ke tempat yang lebih aman.

Ditambahkannya bahwa peristiwa tersebut terjadi diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi mengguyur cukup lama di wilayah Kecamatan Caringin hingga mengakibatkan longsornya tanah di desa tersebut,  dari keterangan yang didapat saat di lokasi tidak terdapat korban jiwa dan kerugian materil dalam kejadian tersebut.


Bandung 18 Juli 2022 

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

(Moh Asep)



×
Berita Terbaru Update