Notification

×

Iklan


Kajati Jawa Barat Wartawan Bukan Untuk di ""Takuti atau di Jauhi ""

29 Juni 2022 | Rabu, Juni 29, 2022 WIB Last Updated 2022-06-29T02:01:12Z




Bandung ,Patroli88Invrdtigasi ,Com_Hingga kini, masih banyak pihak yang merasa "takut" atau terintimidasi saat didatangi wartawan. Namun, sejatinya, apabila memang tujuan kedatangan wartawan itu benar dan pihak yang didatangi tak punya kesalahan, ketakutan itu seharusnya tak perlu terjadi.

"Kalau ada wartawan datang ke kantor kita dan bertanya sesuatu yang memang tupoksi kita, hadapi. Jelaskan apa adanya. Wartawan bukan untuk ditakuti atau dijauhi tapi ajaklah berdiskusi," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Dr Asep Nana Mulyana SH, MHum, saat bersilaturahim dengan jajaran Redaksi Patroli 88 dan  pengurus  Bandung, Rabu ( 29/ 6/2022).




Karena itu, Asep tidak mau mendengar ada berita seorang kajari di Jabar yang kabur dari pintu belakang untuk menghindari pertanyaan para wartawan. "Kalau ada kajari saya yang sulit diakses dan tertutup, laporkan ke saya atau Asinten saya. Kami sangat terbuka," kata Guru Besar Luar Biasa di Undip dan Unpad tersebut.

Masih kata Asep menuturkan, saat ini, profesi wartawan sangat rentan untuk dikriminalisasi. Hal itu tak lepas dari banyaknya sejumlah aturan yang bisa menjerat para wartawan atas berita yang dimuatnya apabila tak mengikuti kaidah yang tepat.

Atas hal itu, Asep mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan media,   Semua Organisasi Ke Wartawanan  di Wilayah Jabar, apabila ada Pengurus atau anggota atau Wartawan jabar yang terjerat hukum. "Tentunya, dengan tetap saling menjaga profesionalitas masing-masing," katanya

Kolaborasi lainnya adalah saling pengayaan terkait aturan-aturan yang ada serta tupoksi masing-masing pihak. "Banyak aturan yang bisa mengancam seorang wartawan terjerat kasus hukum. Di sinilah kami akan sharing. Termasuk tentang penggunaan istilah-istilah hukum yang tepat sehingga berita yang dibuat semakin press klaar," pungkasnya dengan menutup Pembicaraanya ( agus Gusbur Korwil)

×
Berita Terbaru Update