-->
  • Jelajahi

    Copyright © Patroli88investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JPZIS BERES bantu menyempurnakan Zakat Anda, Hari ini usia dan status anda muzakki atau mustahik ..?

    13 June 2022, Monday, June 13, 2022 WIB Last Updated 2022-06-13T04:59:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PATROLI88INVESTIGASI.COM

    Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Berkah Remen Silaturrahmi (JPZIS BERES) dan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) Nahdlatul Ulama terbentuk secara resmi di Kecamatan Purwokerto Barat, Kab Banyumas. Mengantongi legal formal berpayung hukum regulasi undang-undang yang mengatur Lembaga Amil Zakat (LAZ) dengan SK dan izin operasional tertanggal 22 Oktober 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Kedua lembaga UPZIS dan JPZIS BERES merupakan kepanjangan tangan resmi dari PC LAZISNU Banyumas.

    H. Achmadi selaku pembina dan penasehat JPZIS BERES dalam nasehat dan arahanya, menyampaikan, terus upgrade wawasan kesalehan individual dan kesalehan sosial dengan pertanyaan rutin kepada diri pribadi masing-masing, jika kita dan keluarga kita sampai hari ini tidak mampun bayar zakat, tidak mampu berinfaq bershadaqah, berarti diri kita dan keluarga kita yang termasuk pihak yang berhak menerima zakat (mustahiq) telah tercantum dalam Firman Allah Swt. QS at-Taubah: 60 ada 8 ashnaf, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, gharim, riqab, fisabilillah, dan ibnu sabil.



    Wawasan dan ilmu tersebut bisa didapat bila rajin hadir rutin di acara silaturrahmi selapanan Pengurus Harian (PH) Petugas Lapangan (PL) dan Simpatisan JPZIS NU Care-LAZISNU BERES Purwokerto Barat Banyumas, yang mempunyai tugas pokok mengumpulkan, mencatat, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat infaq shadaqah (ZIS) sesuai dengan ketentuan Agama, Regulasi, UU, Keputusan Menteri Agama yang berlaku di Indonesia, tutup H. Achmadi.

    Silaturrami Selapanan kali ini dilaksanakan di salah satu kediaman tokoh masyarakat dan tokoh nasionalis di wilayah Purwokerto Barat, dihadiri unsur pembina dan penasehat, pengurus harian, petugas lapangan serta beberapa Ketua Ranting NU Setempat, Acara dimuilai degan mengirikan doa untuk leluhur keluarga besar, simpatisan NU Care-LAZISNU, Alim ulama yang sudah pulang ke rahmat Allah Swt, Ahad (12/06/2022).

    JPZIS BERES dan UPZIS mengemban amanah untuk menjalankan visi misi LAZISNU, dengan merawat kepedulian sesama melalui 4 pilar program LAZISNU ( pendidikan, kesehatan, siaga bencana, dan ekonomi ), sebagai bentuk ikhtiar syiar percepatan kemaslahatan umat, kemandirian warga, kepekaan sosial kemanusiaan, membantu anak yatim piatu, duafa, lansia sakit menahun, dan lainnya,” papar Daryanto, unsur ketua JPZIS BERES.



    Dalam Sambutanya Asron, Sekretaris JPZIS BERES didampingi Titin, Petugas Lapangan, memimpin acara pertemuan, memandu dan memaparkan materi evalusai kinerja tim JPZIS BERES dan berjalannya waktu 6 bulan menjelang akhir tahun 2022, JPZIS BERES harus sudah bisa lounching pelaksanaan program zakat produktif di wilayah Kec Purwokerto Barat,

    Sistem pengelolaan zakat di Indonesia dapat dikategorikan pada sistem yang dilakukan secara sukarela (voluntary system), artinya wewenang pengelolaan zakat berada di tangan pemerintah ataupun masyarakat sipil dan tidak terdapat sanksi hukum bagi yang tidak menunaikan kewajiban zakat, namun bisa kena sangsi hukum bagi pengelolanya. ungkap Asron.

    Titin, Petugas Lapangan, menyampaikan, Zakat tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan bersifat konsumtif, tetapi juga diberdayakan secara produktif. Karena dengan pola pemanfaatan seperti ini akan membantu para mustahik tidak hanya dalam jangka pendek tetapi untuk kebutuhan dalam jangka panjang dalam mengarungi kehidupan bersama anggota keluarganya.

    Dalam hal distribusi zakat ada dua kriteria, yakni konsumtif dan produktif. Distribusi zakat konsumtif adalah memberikan dana zakat kepada mustahik tanpa di ikuti pemberdayaan mutahik. Sedangkan distribusi zakat produktif adalah pemberian zakat kepada mustahik yang diikuti dengan pemberdayaannya.

    Sejauh mana peran zakat produktif dalam memberdayakan masyarakat kurang mampu yang diidentifikasi sebagai mustahik dalam berwirausaha. Zakat yang diperuntukkan bagi mustahik dapat digunakan sebagai modal usaha dimana usaha yang dikembangkan oleh mustahik pada umumnya masih berskala kecil, yang tidak terakses oleh lembaga keuangan bank.

    Proses pendampingan mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian serta evaluasi program, menjadi salah satu program badan amil zakat dalam mengelola zakat produktif, sehingga diharapkan akan menciptakan sirkulasi ekonomi, meningkatan produktivitas usaha masyarakat, meningkatkan pendapatan/hasil-hasil secara ekonomi, dan berkelanjutan (sustainable ).

    “Para penerima manfaat zakat infaq shadaqah yang dikelola JPZIS BERES adalah 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah, yaitu Fakir, Miskin, Amil, Mu'allaf, Riqab / Memerdekakan Budak, Gharim (Orang yang Memiliki Hutang), Fi Sabilillah dan Ibnu Sabil, dan juga kaum duafa, janda, anak yatim dan lansia sakit menahun, Kami juga membuka zakat, infak dan sedekah melalui JPZIS Beres (Berkah Remen Silaturahmi) NU Care-LAZISNU Purwokerto Barat dengan Bank Syariah Indonesia nomor rekening 26 0006 0007, atas nama JPZIS Beres Purwokerto Barat, Banyumas,” pungkas Titin.

    (Shlh)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini