Notification

×

Iklan


BANJIR KEMBALI MELANDA RUMAH WARGA DI SEKITAR DUSUN WILAYAH KECAMATAN BANTARSARI

29 Juni 2022 | Rabu, Juni 29, 2022 WIB Last Updated 2022-06-29T00:07:23Z


Cilacap , patroli88investigasi.com –Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan Sungai Ciaur meluap kembali karena tidak mampu menampung

Adaya arus debit air hujan sehingga menyebabkan dari tiga Desa hinga air menerjang memasuki wilayah perdusunan rumah dilanda banjir, tanggal 26 buln Juni tahun 2022 hari Minggu  Sekira pukul 20.30 wib Terjadi luapan air dari pantauan awak media dan  menurut keterangan dari  warga sekitar akibat banjir tersebut meluapnya 

Sungai Cihaur akibat curahan air hujan deras kiraman dari hulu sungai yang terletak di Gunung tempatnya Desa Cikedondong luapan tersebut hingga menggalir ke Desa Bantarsari dan Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari melanda memasuki ke pemungkiman rumah warga, 

antara lain di wilayah Dusun Liung Gunung, Dusun Kedung Salam, Dusun Bojong Gedang Desa Cikedongdong, memasuki wilayah Desa Rawajaya antar lain Dusun Cireong, Dusun Rawasari, Desun Gayam Sari, Cikerang Selatan.


IPTU SUPRIYANTO, S.H. Kapolsek Bantarsari mengatakan Akibat terjadinya Hujan deras pada pukul 12.30 wib s/d 19.30 wib mengakibatkan luapan air meningginya debit air sungai Cihaur dan meluap sehingga kedalaman Banjir antara lain di Dusun Kedungsalam Desa Cikedondong air mencapai kurang lebih sedalam 120 Cm, dan Rumah yang terendam 124 Rumah.

Dusun Liung Gunung Desa  Cikedondong air sedalam kurange Lebih mencapai 70 Cm, dan Rumah yang terendam 12 Rumah.

Dusun Bojong Gedang Dusun. Cikedondong air sedalam kurang lebih mencapai 40 Cm, dan Rumah yang Terendam kurang lebih 50 Rumah.

Sekaligus diwaktu yang sama kepala dusun  menghimbau warga masyarakat untuk berhati-hati ketika melintasi genangan air, “jelasnya.


Kepala Dusun Cireong Parta menjelaskan Akibat terjadinya banjir dari dampak luapan air kali Ciaur hinga banjir melanda ke pemukiman rumah warga masyarakat sekitar

warga di wilayah Desa Rawajaya antara lain Dusun Cikerang Selatan dengan kedalaman air mencapai 80 cm, di tempat yang berbeda mencapai kurang lebih 80 cm, Dusun Cireong 85 cm, Rawasari 80 cm, namun dalam hitungan rumah yang terkena bencana Di Desa Rawajaya .

Di situ nampak hadir dari  ormas Banser, Jasman Kanit Bahana korwil III dan Pemdes dan ketu RT 06/06  beserta lembaga  sibuk membantu mengevakuasi warganya  untuk mengungsi di rumah saudara yang tidak terdampak Banjir dan Aman.

BPBD bersama ormas Banser Cilacap saling membahu, masih melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir, terimakasih atas kerjasamanya .

kepedulian terhadap warga saya yang terdampak banjir, “jelasnya.

Dan kepada dusun mengimbau warganya tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu datang paparnya.

“Alhamdullilah sampai sekarang ini belum ada laporan korban jiwa. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi,” ujar  (Kepala Dusun).

Dari (45) warga korban banjir, Khawatir akan terjadi banjir susulan Terlebih hujan masih tinggi di kawasan Kecamatan Bantarsari 

Sehingga sebagian warga pun memilih tidak menempati rumahnya yang kebanjiran, dan memilih mengungsi ke rumah saudaranya yang lokasinya lebih aman.

Kawatir Jika terjadi hujan deras lagi, pasti sungai akan meluap kembali. Kami mengantisipasi dengan mengungsi dulu ke lokasi yang lebih tinggi. 

Bencana banjir dengan luapan air Sungai Ciaur ini, bukan pertama kali terjadi di wilayah Kecamatan Bantarsari Setiap kali hujan deras, air sungai terus meluap dan mengakibatkan terjadinya banjir ,shlh



×
Berita Terbaru Update