Breaking News

Sudah mendarah daging Halal Bi Halal di SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas bersama KH. Mustangin, S.Ag


Patroli88investigasi.com

Sudah menjadi budaya dan tradisi yang mendarah daging ketika habis libur lebaran idul fitri bagi masyarakat Indonesia, begitu juga untun keluarga besar SMP Negeri 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas, secara lengkap, Dewan Guru, staf tu, peserta didik dan semua warga sekolah berkumpul melaksanakan tradisi silaturrahmi halal bihalal,

Silaturrahmi Halal bi halal dilaksanakan selasa (10/05/2022), bertempat sekolah, dengan peserta yang hadiri kepala sekolah, dewan guru, sraf tu, peserta didik, murid-mudir, yang mayoritas juga sebagai munfiq donatur Gerakan shadaqah JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat Banyumas, dengan memegang teguh protokol kesehatan, karena pandemi covid 19 belum tuntas 100%, walaupun Kab Banyumas sudah pada PPKM  level Ke-1, penjelasan Asron selaku Guru Pendidikan Agama Islam, juga selaku Sekretaris JPZIS BERES kepada awak media.



Ikrar resmi Permohonan Maaf dari warga sekolah diwakili oleh Indah Etikawati, S.Pd, menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, mohon maaf lahir dan bathin, teriring Do'a : Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ya Karim, waja'alana minal aidin wal faizin, Semoga Allah Swt Menerima semua Ibadah Kita dan Menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali suci dan mendapatkan kemenangan senantiasa dalam kebaikan dan lindungan bimbingan Allah Swt.

Sambutan Kepala Sekolah, Suhriyanto, M.Pd. dalam sambutnaya diawali dengan ungkapan rasa syukur Alhamdulillah, dan ucapan terima kasih serta apresiasi, kepada Panitia penyelenggara khususnya kepada segenap dewan guru dan tu yang telah mempersiapkan segala sesuatunya demi suksesnya acara ini, dengan tema : Dengan Halal bi halal, kita perkokoh persatuan dan kesatuan keluarga SMP Negeri 1 Karanglewas.



Selanjutnya Kepala Sekolah, tulus lair bathin menerima ikrar permohonan maaf tersebut, dan juga menyampaikan permohonan maaf lahir bathin atas salah kilah selama ini, juga menyampaikan pesan bahwa idul fitri dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan kita semua dalam mendidik dan melayani sisa siswi SMP Negeri 1 Karanglewas, kita harus terus menghidupkan sendi-sendi moral, budaya trasdisi yang terbaik di lingkungan sekolah dengan arif dan bijaksana.

Kemudian siraman rohani oleh KH. Mustangin, S.Ag. menyampaikan ceramahnya bahwa Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan hubungan antar sesama manusia. Di sampaikan pula tentang makna Idul Fitri dalam Filosifi Budaya Jawa Kupat (ngaku lepat) mengaku salah, dalam bahasa Indonesianya, kejelekannya sudah tidak ada atau hilang. Filosofi ini erat kaitannya dengan bulan Ramadhan. Seperti yang kita tahu, selama di bulan suci itu umat islam akan dilebur dosa-dosanya setelah sebulan berpuasa. Hingga akhirnya kembali suci dan fitrah, yang erat kaitannya kaidah agama Islam dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H.

Kemudian KH. Mustangin, S.Ag menegaskan, Kebanyakan sifat manusia itu cenderung untuk egois dan tidak mau meminta maaf atau memberi maaf, tetapi lebaran merubah segalanya. manusia berebut salah dan meminta maaf tanpa di paksa dan terpaksa, alangkah indahnya jika satu tahun lebaran selamanya, sehingga tidak ada pertikaian, permusuhan, kedengkian dan hal hal yg negatif diantara kita, lantaran halal bihalal akan menjadi lembaran baru dalam hidup sehingga lewat lembaran baru itu marilah kita sama-sama goreskan tinta indah dalam lembaran kita masing-masing. Silaturahim itu wujud pengaktualisasikan pembelajaran Agama secara nyata, sebab manusia berhubungan dengan manusia pasti tidak selamanya indah, terkadang ada gesekan yang tidak mungkin di hindarkan.

Kalau bisa goresan itu menjadi gambar yang terindah untuk kehidupan kita sehingga bermuara pada kesadaran akan tugas dan fungsi kita sebagai pendidik yang amanah. implikasi pendidik yang amanah adalah pendidik yang memberikan layanan maksimal dalam mendidik siswa siswi SMP Negeri 1 Karanglewas yang akan menjedi generasi penerus kita, tutup KH. Mustangin, S.Ag.

Semoga silaturahim ini menjadi ladang amal kita bersama untuk tetap menjaga marwah persatuhan dan kesatuhan di lingkungan SMP Negeri 1 Karanglewas Kab Banyumas serta menumbuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk memcetak generasi yg beriman dan bertakwa namun tetap memiliki potensi besar untuk merebut pangsa pasar global yang tidak melupakan kearifan lokal. Aamiin, tutup Asron.

(Shlh)



No comments