Breaking News

Sosialisasi Koin NU Care-LAZISNU terkemas bersama Ranting NU Kedundwuluh Purwokerto Barat di acara Silaturrahmi halal bihalal


Banyumas, patroli88investigasi.com – Unit Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (UPZIS) dan Jaringan Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (JPZIS) NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat, Banyumas, kembali memenuhi undangan Silaturrahmi Halal Bi Halal Idul Fitri Keluarga Besar Ranting NU Kedungwuluh beserta seluruh Banom NU dan Lembaga NU, dan penyegaran sosialisasi shadaqah Koin NU.

Acara ini diselenggarakan oleh jajaran Ranting NU Kedungwuluh pada hari Jum'at (13/05/2022) bertempat di Aula Kelurahan Kedungwuluh, yang dihadiri oleh : Rois Syuriah Ranting NU, Ketua Tanfidziyah beserta Jajaran Pengurus Ranting NU, Babinsa, Babinkamtibmas Kedungwuluh, Ketua dan Pengurus Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, tokoh masyarakat Kedungwuluh, UPZIS dan JPZIS Beres Purwokerto Barat Banyumas.



Ikrar Halal bi halal dari yang muda diwali oleh Ketua Ansor Ranting Kedungwuluh, Muhammad Sya bani, menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri teriring do'a Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ya Karim, waja'alana minal aidin wal faizin, semoga semua ibadah kita diterima oleh Allah Swt dan kita dimasukan dalam golongan orang-orang yang menang dan kimbali bersih, Aamiin.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan demi terselenggaranya kegiatan ini," mengamini do'a tersebut diatas, kami lahir bathin mewakili unsur orang tua, unsur pengurus ranting NU menerima permintaan maaf dan memaafkannya, kami iringi ucapan doa dan permohonan maaf lahir bahtin yang sama kepada semuanya, Jawab  KH. Achmadi, ketua Tanfidziyah Ranting NU Kedungwuluh Purwokerto Barat. 



Lurah Kedungwuluh kali mewakilkan kehadirannya kepada Kasi Trantib ( Apit Tosiman. S.Sos ), sangat  mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Ranting NU Kedungwuluh beserta segenap jajaran, disadari maupun tidak acara silaturahmi dan halal bi halal ini merupakan salah satu buda serta tradisi masyarakat Indonesia yang terus perlu diuri-uri alias dilestarikan khususnya keluarga besar NU.

Penasehat UPZIS dan JPZIS BERES, Djarmanto menyampaikan Sosialisasi LAZISNU, Pengurus Harian dan Petugas Lapangan LAZISNU, UPZISNU dan JPZIS harus memperhatikan beberapa legal formal, yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, diantaranya :

1. LAZISNU itu ada mulai dari Pusat Jakarta PP LAZISNU, di Propinsi PW LAZISNU, di Kabupaten PC LAZISNU dan di Kecamatan ada dua kepanjangan tangan LAZISNU yaitu UPZIS (struktur) dan JPZIS (kultur).

2. Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat

Peraturan Pemerintah P RI No. 14 Thn 2014 Tentang Pelaksanaan UU No 23 Tahun 2011

3. Peraturan Badan Amil Zakat Nasional No. 02 Thn 2014 Tentang Pedoman tata cara pemberian rekomendasi ijin pembentukan Lembaga Amil Zakat

4. Keputusan Menteri Agama RI No. 333 Thn 2015 Tentang Pedoman pemberian Ijin pembentukan Lembaga Amil Zakat

5. Peraturan Menteri Agama RI No. 69 Thn 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama No. 52 thn 2014 Tentang syarat dan tata cara perhitungan zakat mal dan zakat fitrah serta pendayagunaan zakat untuk usaha produktif

6. Keputusan Menteri Agama RI No. 225 tahun 2016 tentang Pengukuhan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU)

7. Keputusan LAZISNU Pusat Nomor: 044/LAZISNU/V/2016 tentang Pemberian Izin Kepada Unit Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah

8. Pedoman Organisasi NU CARE-LAZISNU Nomor: 001 Tahun 2016 Tentang Tata Kelola Organisasi LAZISNU

Acara Silaturrahmi halal bi halal dan sosialisasi LAZISNU yang seperti ini sangat urgen untuk membangun soliditas dan ukhuwah diantara pengurus dan warga NU serta masyarakat di semua lini sekaligus upgrade wawasan dan pengetahuan tentang legal formal dan aturan main yang harus dipatuhi oleh LAZISNU dalam mengelola ZIS, ini yang membedakan antara LAZISNU dengan badan otonom (banom) Nu dan Lembaga NU, tambah Djarmanto

Ketua Rois Syuriah Ranting NU, Dr. KH. Supani, M.Ag dalam menyampaikan mauidhoh khasanah, uraian hikmah silaturrahmi, Halal Bi Halal dan doa, Keutamaan kebahagiaan keselamatan dunia akhirat orang yang menjaga silaturahim, diantaranya : 

Bisa mengapai Ridha Allah Swt karena silaturahim adalah perintah-NYA. Membuat bahagia kerabat atau idkhalus surur (memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang yang beriman). Membuat bahagia malaikat karena malaikat senang pada silaturahim. Melahirkan memori atau ingatan positif dari orang beriman terhadap mereka yang menjaga silaturahim. Membuat hati dan pikiran Iblis susah karena mereka menghendaki semangat persaudaraan manusia pecah. Menambah berkah umur. Menambah keberkahan rezeki. Membuat bahagia ayah dan kakek yang sudah wafat karena mereka senang kalau keturunannya menjaga hubungan kekerabatan. Menambah muruah, Menambah pahala setelah mereka yang menjaga silaturahim wafat karena karena kerabat-kerabat akan menyebut kebaikannya semasa hidup, dan ditutup dengan do'a sapu jagad yang dipimpin beliau Dr. KH. Supani, M.Ag.

(Shlh)



No comments