-->
  • Jelajahi

    Copyright © Patroli88investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    SIGAPNYA CAMAT, Forkompincam Purwokero Barat dan Lurah Rejasari bentuk tim terpadu untuk membantu korban kebakaran

    25 May 2022, Wednesday, May 25, 2022 WIB Last Updated 2022-05-25T08:53:50Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Patroli88investigasi.com

    Kepedulian Forkompincam Purwokero Barat dan Lurah Rejasari, tampaknya perlu dicontoh dan tentunya mengispirasi seluruh warga di Banyumas khususnya dan Indonesia pada umumnya. Pasalnya, mereka mengadakan "gerakan cepat" untuk membantu warga di wilayahnya yang menjadi korban, rumanya ludes kebakaran dan merengut jiwa satu putra kesayanganya.

    Camat Purwokerto Barat Agus Priyono, ATD, SIP, MM bergerak sangat cepat H+1 setelah Musibah kebakan rumah satu warga kelurahan Rejasari, langsung menerbitakan surat undangan rapat kordinasi pembentukan terpadu penanganan paska bencana non alam kebakaran rumah ibu karsidah, surat undangan dikirimkan kepada : Kapolsek, Danramil, Kepala BPBD, Ketua BAZNAS Kabupaten Banyumas, Kepala BPR BKK Kec Purwokerto Barat, Lurah Rejasari beserta Ketua RW. 003, Ketua RT. 001, Perwakilan Sohibul Musibah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tim JPZIS Beres Purwokerto Barat.



    Rapat kordinasi terbatas telah dilaksakan pada hari Selasa (24/05/2022) Jam 12:30 - 14:15 Wib bertempat di Aula Kantor Kec Purwokerto Barat, dipimpin langsung oleh Camat, Rapat dibuka dengan membaca Basmallah bersama-sama, peserta rapat semua hadir lengkap sesuai yang tertulis dalam undangan, tepat waktu, berjalan lancar, sukses dan semua semangat untuk saling bekerjasama dalam satu tim terpadu untuk membantu percepatan proses gotong pembersihan dan pemulihan pembangunan kembali rumah yang terbakar untuk tempat tinggal keluarga ibu karsidah dan anggota keluarganya yang selamat dari musibah tersebut, dengan hasil akhir rapat sbb :

    Tim Terpadu akan dipimpin oleh Lurah Rejasari dengan kordinator lapangan adalah Ketua RW dan ketua RT setempat dan langsung bekerja aktif setelah selesai rapat kordinasi ini.

    Tugas utama tim, segera melakukan pendataan secara lengkap, seperti daftar barang yang rusak seperti berkas administrasi kependudukan, dokumen keluarga, ijazah buku nikah dan yang lain-lainya yang ikut terbakar, intinya semua hal kerugian kebakaran, hal ini berkaitan dengan apa saja yang dibutuhkan oleh sohibul musibah, sekaligus untuk pembuatan RAB pembangunan rumah semi / non permanen, menampung mencatat melaporkan semua bantuan yang masuk dengan satu pintu ketua RT setelah Rapat ini.

    Tim segera membuat wa grup sementara untuk memudahkan kelancaran kecepatan komunikasi kordinasi dan up to date perkembangan informasi dilapangan, wa grup berisi semua no hp peserta rapat kordinasi di Aula Kec Purwokerto Barat.

    Camat akan langsung berkomunikasi kordinasi dan membuat surat resmi permohonan tambahan support bantuan solusi kepada BPBD, BKK, JPZIS Beres beserta lampiran RAB pembangunan kembali rumah untuk tempat tinggal sohibul musibah.

     Tim terpadu melalui Kapolsek Purwokerto Barat memohon untuk segera membantu melaksanakan pembukaan Police Line dilikasi kebakaran, sehingga bisa langsung dilaksanakan proses pembersihan puing-puing kebakaran yang masih utuh di lokasi, dikarenakan semakin lama terpasangnya police line maka kasihan kepada keluarga sohibul musihan yang tentunya akan memperpanjang kesedihan yang mendalam, terimgat salah satu putra kesayangnya meninggal dunia didalam rumah yang terbakar, begitu juga tetangga disekitar lokasi ikut sedih.

    Pengurus Harian dan Petugas Lapangan JPZIS Beres juga menyampaikan bahwa stelah tiga jam erjadinya musibah kebakaran sore menjelang malam langsung menyambangi sohibul musibah dan memberikan bantuan uang tunai untuk keperluan yang mendadak di sore dan malam hari menjelang rangkaian proses pemakaman jenazah ananda Faiz

    Tim BPBD juga sesuai tu poksinya sudah membantu memberikan sembako untuk kebutuhan utama dan mendesak paska bencana, selanjutnya langsung di ikuti juga oleh Tim PMI, Dinas Sosial Kab Banyumas, Tim PKK Kelurahan Rejasari dan PKK RW setempat

    Diakhir Rapat Perwakilan Pembina dan Penasehat JPZIS Beres diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalaman lapangan dalam bergabung memberikan support di beberapa lokasi musibah kebencanaan alam maupun kebencanaan non alam baik diwilayah Kab Banyumas, dan juga terselip Syiar LAZISNU, Apa itu NU Care-LAZISNU, JPZIS BERES, UPZIS, apa tugas fungsi dan legalitas formalnya. Perlu diketahui bersama oleh semua pihak yang hadir bahwasanya ada UPZIS dan JPZIS BERES, semoga kedepanya Forkompincam bisa melibatkan UPZIS dan JPZIS Beres dalam semua urusan sosial kemanusiaan karena keduanya adalah kepanjangan tangan PC LAZISNU Kab Banyumas yang visi misinya juga ada unsur merawat kepedulian kemanusiaan serta dengan 4 Pilar Program LAZISNU (Pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan ).

    Pembina dan Penasehat UPZIS juga JPZIS BERES sangat mengapresia gerak cepatnya Camat bersama Forkompincam Kec Purwokerto Barat dan Jajaranya, dan ikut hadir menyaksikan semua rangkaian rapat kordinasi tersebut, secara resmi rapat ditutup oleh Camat dengan membaca Hamdallah bersama-sama dan Penasehat JPZIS BERES juga menyampaikan pesan bahwa tak satupun orang di dunia ini yang ingin mengalami musibah kebakaran tempat tinggalnya. Namun jika hal tersebut terjadi pada anda akan ada banyak hal yang harus dilakukan untuk  mengembalikan keadaan seperti sedia kala.

    Kebakaran tak hanya merugikan secara material, namun ada beberapa  faktor lain misalnya kenangan yang tercipta bersama orang tercinta di rumah anda. Untuk itu, mengalami musibah seperti kebakaran bukanlah akhir dari segalanya. Anda harus mengetahui bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah mengalami musibah besar tersebut. disitulah peran penting tim terpadu ini dibentuk dengan melibatkan UPZIS dan JPZIS Beres, Pungkas Djarmanto kepada awak media,

    (Shlh)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini