Breaking News

Proyek Pembangunan Drainasie di Desa Doplang Diduga proyek siluman


Cilacap , patroli88investigasi.com – pada tanggal 20 April 2022 Proyek Pembangunan drainase di Desa Doplang Kecamatan Adipala,Kabupaten Cilacap,sebelumnya tidak dipasang papan lnformasi atau plang, Lantaran berawal tidak dilengakapinya papan informasi, menjadi tanda tanya besar sepertinya proyek Siluman, hal tersebut patut diduga adanya permainan anggaran atau tidak adanya transparansi dari pengelola dan pengguna anggaran, 

 kami keliling dari ujung sampai ujung memang benar adanya bahwa, pembangunan drainase tersebut terletak di desa Doplang  (Rt..../Rw...yang tidak jelas 


Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap,saat awak media wawancara dengan pekerja di tempat  proyek  di garap mengatakan, bahwa pembangunan drainase ini tidak dilengkapi plang atau papan nama proyek.

"Sejak dua Minggu yang lalu atau diawal bulan April tahun 2022  ini pembangunan drainase pelaksanaan pembangunannya sudah mencapai sekitar 80 persen, yaitu tahap pembangunan pondasi pengaman banjir," katanya.

Namun setelah pembangunan proyek drainase  yang lagi di garap tidak  dipasang plang atau papan lnformasi, dari rincian Rencana Anggaran Belanja (RAB) patut dipertanyakan, diduga dari volume pisik dengan jumlah RAB-nya terlalu tinggi anggarannya.

Salah satu warga setempat, yang enggan disebut namanya mengatakan, bahwa dengan tidak adanya plang/papan proyek ini menjadi sorotan publik, karena papan proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan dan mengetahui tentang proyek,dan dari pantauan awak media proyek tersebut sudah berjalan cukup lama dan menurt keterangan warga juga dari awal pekerjaan tersebut tidak ada papan informasi apapun terangnya.

“Pelaksana Proyek padahal sudah diatur oleh UU no.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan lnformasi Publik (KIP) serta Perpres No. 54 tahun 2010 dan No. 70 tahun 2012 yaitui setiap pekerjaan bangunan yang dibiayai Negara harus dilengkapi papan proyek diantaranya nama proyek, jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta kalender pekerjaan," pungkasnya. 

(Shlh)



No comments