Breaking News

JAMAN NOW, JPZIS BERES terus melestarikan tradisi sowan silaturrahmi ke kyai ulama alim nyadong doa pangestu dan keberkahan dibulan syawal 1443 H




Banyumas,Patroli88investigasi.com_NU Care-LAZISNU Budaya atau tradisi sowan silaturrahmi kepada kyai ulama alim dan orang yang dianggap lebih tua di hari Raya Idul Fitri dan atau selama bulan syawal, merupakan tradisi yang harus di jaga, dirawat dan dilestarikan. Selain untuk menyambung memupuk dan menyuburkan tali silaturahmi, tradisi sowan ini juga dapat menjadi sarana untuk meminta keberkahan dari doa pangestu dan nasehat para kyai ulama alim. 



Begitu juga Tim Relawan NU Care-LAZISNU yang terkabung dalam JPZIS Beres, dipimpin langsung oleg Ustadz Daryanto, wakil ketua Pengurus Harian JPZIS Beres Purwokerto Barat Banyumas hari ini melaksanakan sowan silaturrahmi ke beberapa kesepuhan ulama alim dan ketua organisasi / lembaga NU. Silaturrahmi Tim JPZIS Beres dilakukan untuk menjaga dan merawat tali silaturahmi dengan keluarga besar PCNU Kab Banyumas, PC LAZISNU Kabupaten Banyumas, MWC NU Kecamatan Purwokerto Barat, Ketua PAC Muslimat Purwokerto Barat dan lain-lainnya,



Pelaksanaan acara sowan silaturrahmi kali ini, Pengurus Harian beserta Petugas Lapangan JPZIS Beres, didampingi dan dikawal H Achmadi, Djarmanto, dua Penasehat dan Pembina JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat Banyumas dengan target silaturrahmi ke kediaman KH. M.Ali Sodikin ( Mbah Sod ) Ketua Pengurus Madrasah AL-ITTIHAAD 2 Pasir Lor.

Karanglewas, Kyai Achmad Mustofa Ketua Tanfidziyah MWC NU Purwokerto Barat, KH. Yusuf Rois Syuriah Ranting NU Karanglewas Lor, Si Mbah KH. Zainurrohkman Al-Hafidz Ar-Rohily Muktasar PC NU Banyumas juga pengasug Pondok Pesantren Gubug Sekuping bani Rosul Bantarsoka, juga sebagai sesepuh NU Purwokerto Barat maupun PC NU Kabupaten Banyumas, KH. Mukhroji Rois Syuriah MWC NU Purwokerto Barat, Prof. DR. KH. Ridwan, M.Ag Ketua PC LAZISNU Kab Banyumas, Ibu Nyai Markhamah Ma'mun Ketua PAC Muslimat Purwokerto Barat, Kamis (05/5/2022, Jam 08:00 - 17:00 Wib).


Pada kesempatan ini, Daryanto memimpin permemohon maaf lahir bathin untuk semua kekilafan kesalahan selama ini, dan memohon doa pangestu serta nasehat kehidupan kepada semua kesepuhan ulama alim yang disowani, semoga menambah keberkahan, dilancarkan, istiqamah dalam mengemban amanah sebagai PH PL JPZIS Beres, diberikan sisa umur yang bermanfaat, selamat dunia akhirat bersama Ridho-NYA lantaran Rombongan JPZIS Beres terus berusaha bisa mendapatkan barokah doa-doa dari para Mbah Kiai dan Ibu Nyai.



"Kunjungan ini selalu kami lakukan setiap tahun di minggu pertama bulan syawal, untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan nyadong keberkahan doa pangestu serta nasehat kehidupan kepada kesepuhan ulama alim di wilayah Purwokerto Barat Khususnya dan Kab Banyumas pada umumnya, bagaimanapun juga beliau- beliau  sangat banyak berjasa dalam membimbing, mendo'akan menasehati, menyemangati mengawal keluarga besar NU Care-LAZISNU, dalam berjuang mengemban amanag, In Syaa Allah terus kami estafetkan karena ini semua tradisi yang baik dan sangat mulia, tentu akan kami teruskan," ungkap Djarmanto



Selain hari ini, esok hari akan melanjutkan acara sowan bersilaturahmi ke kediaman beberapa kesepuhan kyai  ulama alim dan beberapa tokoh masyarakat, tokoh lokal dan nasional yang ada di wilayah Kab Banyumas dan belum bisa disowani pada hari ini Kamis ( 05/05/2022 )



Petugas Lapangan JPZIS Beres dengan optimisme dalam menghadapi kehidupan dengan berbagai macam permasalahannya merupakan nilai positif yang tersimpan di balik tradisi sowan silaturrahmi yang berlangsung hingga sekarang, meyakini benar bahwa seorang kiai, ulama alim dan zuhud jauh lebih dekat kepada Allah Swt dibandingkan manusia pada umumnya. Karena itulah PH PL JPZIS Beres sangat mengharapkan do’a dari ulama alim. Karena doa itu niilainya lebih dari segudang harta benda. Inilah yang oleh orang awam banyak diistilahkan dengan tabarrukan, mengharapkan berkah dari do’a kyai, ulama alim yang mustajab karena kezuhudannya, kewiraiannya dan kealimannya dengan doa sapu jagadnya. tutup H. Achmadi Penasehat dan Pembina JPZIS Beres,shlh .

No comments