Breaking News

Halal Bi Halal keluarga,Besar Maj,lis Ratib Bautul Muqoddas Desa petarangan


Banyumas, patroli88investigasi.com – Sudah menjadi budaya dan tradisi yang mendarah daging ketika habis libur lebaran idul fitri bagi masyarakat Indonesia, begitu juga untuk keluarga besar Ratib Baitul Muqoddas   petarangan   Kabupaten Banyumas, secara lengkap, yang di adakan oleh segenap panitia pelaksana dan para santri Ratib Baitul Muqoddas yang di ketuai oleh Habib Thohir qolbi Segaf Hasan Aljufri .

Santri  dan semua warga masyarakat dan anak  sekolah berkumpul melaksanakan tradisi silaturrahmi halal bihalal,




Silaturrahmi Halal bi halal dilaksanakan pada hari Kamis  (12/05/2022), bertempat di gedung Majlis ta'lim Baitul Muqoddas Dan acara berlangsung dengan hikmah ,penata acara tersebut di sampaikan oleh ustad asrofy dia adalah salah satu warga masyarakat desa petarangan dan sekaligus saantri Majlis tersebut,dan panitia Paryun Aziz  mengatakan dengan terselenggaranya acara ini beliau menyampaikan sangat berterima kasih kepada seluruh anggota panitia dan warga masyarakat yang sudah membantu acara tersebut baik membantu  harta benda dan tenaga dan pikiran sehingga acara ini bisa terlaksana paparnya.

Dan ketua panitia pelaksana mengatakan sangat berterima kasih kepada para pemuda Pancasila dan BANSER yang sudah membantu acara halal bihalal pada hari ini .

 Pengunjung Yang  hadiri dalam acara tersebut dari berbagai lapisan masyarakat , kepala desa petarangan dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal penting baiknya acara ini supaya di lestarikan budaya agama Islam dan semoga jadi sejarah bagi anak cucu kita nantinya  dan di situ kades jaenul Mustofa minta supaya di doakan ke pada para habaib yang hadir supaya warga masyarakat desa petarangan supaya maju dan ekonomi yang cukup paparnya.

Di situ nampak hadir para habib antara lain ,

1.Habib Hasim mauladawilah

2.Habib Novel Bin Alwi yahya

3.Habib Alwi bin Segaf abdillah Asegaf .

4.Habib Bakir Bin Mukhsin Alatas.

5.Habib Abdul Qodir malluachaelah.

Ustadz ,Ma,sum menyampaikan beberapa hal penting dan baiknya dalam pentingnya bagi umat muslim mengadakan dan halal bihalal dan silaturahim dan akan di panjangkan umurnya ,dan bagi umat Islam harus bertindak baik dan tegas ujarnya.

Kendati demikian acara pada malam hari ini berjalan lancar dan sukses yang di hadiri ratusan jamaah Acara di laksanakan dengan protokol kesehatan, prokes, acara di tutup dengan doa yang di pimpin oleh kyai Mahfud beliau adalah salah satu pimpinan pondok pesantren Nusul Qur'an yang ada di desa petarangan kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.

Kyai Mahfud menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, mohon maaf lahir dan bathin, 

 Dari pembawa acara sedikit menyampaikan beberapa hal senantiasa dalam kebaikan dan lindungan bimbingan Allah Swt.

Dengan ungkapan rasa syukur Alhamdulillah, dan ucapan terima kasih serta apresiasi, kepada Panitia penyelenggara khususnya kepada teman saudara semua .

Dengan Halal bi halal, kita perkokoh persatuan dan kesatuan keluarga  desa petarangan dan kepada keluarga besar majlis ta'lim Baitul Muqoddas.

Dari pantauan awak media Kemudian siraman rohani oleh ustad Maksum    menyampaikan ceramahnya bahwa Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan hubungan antar sesama manusia. Di sampaikan pula tentang makna Idul Fitri dalam Filosifi Budaya Jawa Kupat (ngaku lepat) mengaku salah, dalam bahasa Indonesianya, kejelekannya sudah tidak ada atau hilang. Filosofi ini erat kaitannya dengan bulan Ramadhan. Seperti yang kita tahu, selama di bulan suci itu umat islam akan dilebur dosa-dosanya setelah sebulan berpuasa. Hingga akhirnya kembali suci dan fitrah, yang erat kaitannya kaidah agama Islam dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H.

 Kebanyakan sifat manusia itu cenderung untuk egois dan tidak mau meminta maaf atau memberi maaf, tetapi lebaran merubah segalanya. manusia berebut salah dan meminta maaf tanpa di paksa dan memaksa  tutupnya .

(Shlh)



No comments