Breaking News

Acung Jempol dan bangganya Drs. H. Mughni Labib, M.SI dan H. Ma'ruf Cahyono terhadap JPZIS NU Care-LAZISNU Beres melestarikan budaya tradisi sowan silaturrahmi halal bi halal


Banyumas, patroli88investigasi.com – Sekretaris Jenderal MPR H. Ma'ruf Cahyono bersama Istri dan cucu tercinta yang sedang mudik kampung halaman, dikediaman dengan senyum sumeh dan gemprapyak (banyumasnya) dalam menerima Silaturrahmi halalbihalal kami, keluarga besar Jaringan Pengelola Zakat Infaq Shadaqah Berkah Remen Silaturrahmi ( JPZIS BERES ). Dalam acara itu, ia menyebut beberapa hal pentingnya senyum dan kebombongan, dengan pondasi nilai-nilai Agama, Sosial, budaya, tradisi, humanisme dan Nasionalisme, tata kelola organisasi yang baik dan benar, dan kontribusi nyata mewujudkan kemanfaat ZIS untuk kemandirian ummat.



Rombongan JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat Banyumas sebanyak 14 orang yang dipimpinan langsung Ustadz Daryanto unsur wakil ketua JPZIS Beres, dalam rangkaian acara merawat dan melestariskan tradisi budaya sowan silaturrahmi dibulan syawal, yang dari pagi setelah Sowan silaturrahmi nyadong doa pangestu dan nasehat kehidupan di Kediaman KH. Mughni Labib (Abah Labib) ulama alim selaku kesepuhan NU, pengasuh Ponpes dan madrasah AL-ITTIHAAD Pasir Kidul, Rombongan JPZIS Beres melanjutkan silaturrahmi ke kediaman H. Ma'ruf Cahyono di wilayah Kelurahan Rejasari Kec Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.

Beliau Abah Labib, mendoakan Rombongan JPZIS Beres dengan doa sapu jagat, dan semoga tim JPZIS Beres selalu diberikan kekuatan, kesabaran, tawakal, kesuksesan dan kemuliaan dengan mengemban dan manjalankan amanah sebagai Relawan NU Care-LAZISNU dengan menerima dan menyalurkan ZIS masyarakat sesuai aturan main yang berlaku dibawah pembinaan dan pengawasan PC LAZISNU Kabupaten Banyumas, semua aktifitas perjuanganya bernilai ibadah yang diridhoi Allah Swt.

Selain itu, Abah Labib, kepada Tim JPZIS Beres berpesan, tim harus terlatih dan mampu berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi, berkolaborasi serta memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan solusi-solusi terbaiknya. Dan yang terpenting memiliki jiwa tertib administrsi dan mengamalkan perilaku (karakter) yang mencerminkan nilai-nilai luhur tinggalan nenek moyang," tambah Abah Labib.

Menurut H. Ma'ruf Cahyono juga sebagai aktifis Kemanusiaan dan Motivator JPZIS Beres, beberapa hal tersebut diatas itu merupakan satu rangkaian yang diharapkan dapat mendorong kontribusi JPZIS beres kepada Masyarakat, bangsa, dan negara. Ia juga mengingatkan salah satu tugas JPZIS Beres adalah menjaga, merawat, dan menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan yang tanggap dan peduli dengan nilai religiusitas, humanitas, nasionalitas, demokrasi dan keadilan. 

"Dengan implementasi nilai-nilai yang baik akan dapat membangun soliditas, memperkuat solidaritas, dan berkontribusi kemandirian masyarakat sebagai pondasi untuk menuju kesahadara dan pentingnya ber zakat, infaq dan shadaqah melalui JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barata Banyumas," ujar dia dalam keterangannya, Jum'at (06/05/2022).

Untuk itu, diperlukan soliditas dan solidaritas agar keluarga besar JPZIS beres terus memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan visi dan misi melalui penguatan implementasi nilai-nilai kemanusiaan, kebangsaan serta tata kelola organisasi yang baik untuk kemandirian masyarakat dan kemaslahatan ummat berdasarkan prinsip kekeluargaan dan kegotongroyongan.

"Tentunya dengan soliditas dan solidaritas, maka JPZIS Beres akan mampu beradaptasi dengan kondisi apapun termasuk kemarin sudah teruji dan terbukti solidnya dalam menghadapi bencana pandemi COVID-19 beserta dampaknya yang sama-sama kita alami. Dengan tata kelola organisasi yang baikdan benar  Insyaallah apa yang diharapkan masyarakat akan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh kita semua," jelasnya.

Ia juga menyampaikan tolak ukur, untuk mengukur manfaat keberadaan JPZIS Beres tentu tidaklah sulit jika dimulai dari hal yang sangat sederhana. Maka menurutnya sowan silaturahmi halal bi halal lebaran idul fitri 1443 H pada Jum'at pagi ini adalah wujud konkret dari implementasi terhadap nilai-nilai merawat dan melestarikan tradisi budaya sowan silaturrami syawal dan tak kenal maka tak sayan, akan menjadi salah satu penyemangat menjalankan tata kelola organisasi sebagaimana yang dia sampaikan.

"Dengan terus melaksanakan penguatan kelembagaan organisasi dan semangat syiar NU Care-LAZISNU melalui merawat budaya tradisi Sowan Silaturrahmi ke kesempuhan ulama alim, tokoh masyarakat, oleh JPZIS Beres, saya meyakini bahwa JPZIS Beres akan semakin mampu berperan dalam masyarakat, bangsa dan negara," imbuh Ma'ruf.

(Shlh)



No comments