Breaking News

Perayaan ulang tahun dikemas secara sederhana di Kantor Perumda Air Minum Tirta Kamuning. Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH menghadiri undangan puncak HUT ke 34 PAM Tirta Kamuning dan melakukan pemotongan tumpeng, Jumat (01/04/2022).

 


KUNINGAN,- 1 April 2022 adalah menjadi sebuah momen istimewa bagi Perumda Air Minum (PAM) Tirta Kamuning. Dimana perusahaan milik daerah tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke 34. Perayaan ulang tahun dikemas secara sederhana di Kantor Perumda Air Minum Tirta Kamuning. Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH menghadiri undangan puncak HUT ke 34 PAM Tirta Kamuning dan melakukan pemotongan tumpeng, Jumat (01/04/2022).









Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH mengatakan, saya ucapkan selamat dan terima kasih atas peran semua seluruh jajaran direktur, direksi, semua jajaran dan karyawan dan para petugas lapangan yang telah bisa memberikan pelayanan terkait ketersedian air kepada masyarakat. Di usia yang ke 34 ini, banyaknya prestasi dengan usia yang tidak muda lagi, semoga ke depan terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Khususnya dalam melayani ketersedian air bersih.

Sementara itu H. Deni Erlanda, SE, M.Si selaku Direktur PAM Tirta Kamuning menyampaikan “Ibarat perjalanan hidup seorang manusia, PAM Tirta Kamuning menjalani masa balita yang harus diasuh, disayangi dan disuapi oleh orang tuanya, lalu merangkak belajar berjalan, belajar berbicara perlahan secara bertahap beranjak dewasa hingga harus bisa menjalani hidup mandiri”. Kami sebagai manajemen, menghaturkan terima kasih kepada para pelaku sejarah yang telah berjuang membesarkan PAM Tirta Kamuning sehingga saat ini mampu menjadi Perusahaan yang memiliki kinerja membanggakan baik di tingkat Nasional maupun tingkat Daerah. Kami tidak boleh melupakan jasa-jasa para pendahulu kami yang dengan segala keadaan serta keterbatasan tetap berusaha memberikan segala kemampuannya tanpa kenal lelah bersama-sama mengembangkan dan memajukan PAM Tirta Kamuning.

Sebagai pucuk pimpinan PAM Tirta Kamuning saat ini, dengan masa kerja hampir ±10 tahun saya berjuang keras terjun untuk memimpin mengelola manajemen PAM Tirta Kamuning, melalui momen peringatan hari jadi ke 34 tahun 2022 dengan mengusung tema “maju dan berprestasi”, sebagai badan usaha yang sedang berusaha untuk mengembangkan diri, bertekad untuk meraih prestasi menjadi salah satu BUMD yang dibanggakan baik oleh Pemerintah Daerah maupun masyarakat Kabupaten Kuningan. Transformasi organisasi Perusahaan Daerah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 12 Tahun 2019 merupakan cikal bakal pengelolaan pelayanan menuju perusahaan yang profesional walau tentunya tidak melupakan prinsip sosial sebagai salah satu tujuan didirikannya Perumda Air Minum.

Konsep tata kelola yang efektif, efisien serta mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat telah kami susun dan bertahap akan kami laksanakan seoptimal mungkin, sehingga tujuan utama menjadikan kemandirian pengelolaan PAM Tirta Kamuning dapat lebih cepat terwujud. Beberapa upaya sedang dan akan kami jalankan, salah satu upaya yang saat ini sedang berproses adalah pengembangan SPAM sebesar 405 liter/detik untuk menjual air baku ke Perumda Air Minum Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu. Kami juga sedang menyiapkan konsep diversifikasi usaha melalui penyediaan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

Tidak hanya itu dalam upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat pelanggan PAM Tirta Kamuning, beberapa kegiatan penyediaan air baku sedang kami upayakan diantaranya rencana pemanfaatan Mata Air Cisangkerang di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur yang akan dimanfaatkan untuk melayani Kota Kuningan dan sekitarnya, sehingga nanti beberapa sumber air yang saat ini dimanfaatkan untuk melayani Kota Kuningan akan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan distribusi air ke wilayah Kuningan bagian timur secara maksimal.

Kemudian sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dalam Perpres 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan, salah satu program yang tertuang dalam Perpres Rebana sebagaimana dimaksud adalah pemanfaatan sumber air dari Bendung Kuningan untuk melayani kebutuhan air minum di Kuningan bagian timur serta wilayah Brebes Jawa Tengah yang dilakukan secara multi years.

Sinkronisasi optimalisasi kegiatan pelayanan juga kami laksanakan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Pusat, salah satu upaya yang sedang kami perjuangkan adalah rehabilitasi pelayanan air minum untuk wilayah Pelayanan Kecamatan Japara, Kecamatan Cipicung, Kecamatan Ciawigebang, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cimahi.

Kegiatan-kegiatan dimaksud, mudah-mudahan dapat terealisasi secara maksimal sehingga apa yang menjadi target pengelolaan manajemen PAM Tirta Kamuning sesuai dengan Business Plan Periode 2021-2026 yang sudah kami susun khususnya dalam upaya peningkatan cakupan pelayanan air minum di Kabupaten Kuningan melalui penambahan 20.000 sambungan rumah dapat terwujud.

Akhirnya, melalui momen peringatan hari jadi ke  34 PAM Tirta Kamuning Tahun 2022 ini, sebagai Direktur mengajak seluruh pegawai, stakeholder maupun pihak-pihak lain yang terlibat mari Bersama sama untuk memberikan masukan serta dukungan terhadap semua rencana dan program yang telah kami siapkan. Keberhasilan dan Kemajuan PAM Tirta Kamuning di masa datang bukan semata untuk kemajuan perusahaan sendiri tetapi juga untuk lebih mensejahterakan masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan dan umumnya masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Kuningan.

Dirgahayu PAM Tirta Kamuning, gelorakan semangat “Maju dan Berprestasi”. Pungkas Deni (mulus/dedentomik)

No comments