Notification

×

Iklan


Diskopdagperin Kab. Kuningan Menyelenggarakan Festival Ramadhan Tahun 2022

19 April 2022 | Selasa, April 19, 2022 WIB Last Updated 2022-04-19T02:52:43Z


KUNINGAN,patroli88investigasi.com – Dinas Koperasi dan UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan dalam suasana Bulan Suci Ramadhan ini menyelenggarakan Festival Ramadhan Tahun 2022, kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH dengan ditandai Pemukulan Genjring secara bersama dengan Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH M.Si, Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarmo, S.E., M.M, Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Suhra,SE,MM.Ak, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan U. KUSMANA, S.Sos, M.Si. dan tamu lainnya, bertempat di Basement Food Court Lantai 1 Taman Kota Kuningan, Senin (18/04/2022).



Diikuti oleh sejumlah pelaku usaha UMKM dan Komunitas, Kegiatan Festival Ramadhan Tahun 2022 ini akan berlangsung dari tanggal 18 April - 30 April 2022.  Booth-Booth yang tersedia menjual berbagai produk UMKM binaan Diskopdagperin Kab. Kuningan, baik makanan, minuman, fashion dan oleh-oleh khas daerah. Selain itu, selama gelaran  akan dilaksanakan sejumlah acara mulai dari Bazar UMKM, Pasar Murah, Kampung Tajil, Santunan Anak Yatim, Musik Ramadhan, Santapan Rohani, Lomba-lomba Keagamaan, dan Launching Promo Si Abank UMKM.

Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan Bupati menyambut baik acara ini dengan harapan agar usaha umkm dapat menjadi titik balik perbaikan ekonomi pasca pandemi covid 19, juga menjadi sarana perluasan jaringan umkm yang dibantu dengan kemajuan teknologi informasi.

Bupati Acep berharap dengan adanya kegiatan festival ramadhan ini dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di kabupaten kuningan, kemudian bisa menjadi media promosi bagi umkm, dan wujud bakti sosial kita di bulan suci ramadhan 1443 H. 

Kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat kuningan sesuai dengan tujuan kegiatan ini yaitu memberikan kesempatan bagi umkm untuk memperluas pemasarannya, meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat, meningkatkan kepedulian dan kesadaran sosial masyarakat serta meningkatkan prestasi masyarakat pada dasarnya.

“ Hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan festival ramadhan ini untuk lebih mempererat hubungan pemerintah kabupaten kuningan dengan masyarakat. terlebih saat ini, dalam suasana bulan penuh berkah, kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama salah satunya adalah membagun ekonomi kerakyatan dengan berbagai kegiatan yang kaya manfaatnya” Jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarmo, S.E., M.M, sangat mengapresiasi Pemkab nya sudah sangat memperhatikan keberlangsungan usaha para UKM dan mengucapkan juga selamat atas penghargaan Natamukti yang telah diraih Bupati sebagai Bapak UMKM.

Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Sutarmo menegaskan kepada pelaku usaha mikro harus siap berubah mengikuti perkembangan digital, serta terus bersikap kompetitif dan berinovasi sehingga produk yang dihasilkan semakin bermutu, baik dari sisi produk, packaging bahkan sampai branding.

Dia menerangkan, di tahun 2020, jumlah UMKM Indonesia yang telah onboarding di platform digital sebesar 8  juta UMKM, dan hingga saat ini sudah ada 17,59 juta yang masuk ke platform digital. Angka ini masih terus ditingkatkan menuju target 20  juta UMKM onboarding di platform digital di tahun 2022 ini.

"Untuk itu,  target ini tidak bisa dicapai hanya dengan upaya sendiri, namun harus berkolaborasi dengan stakeholder yang mempercepat proses transformasi digital UMKM, khususnya usaha mikro. Jadi pelaksanaan kegiatan bimtek ini agar  memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U. Kusmana menyampaikan, acara Festival Ramadhan Tahun 2022 ini digelar sebagai ajang untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah yang telah ada.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk saling berbagi, dan memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, serta menumbuhkan dan mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama," ujar Kadiskopdagperin.

"Festival Ramadhan ini memiliki makna penting bagi warga masyarakat Kabupaten Kuningan, terutama bagi kaum muda, disini mereka bisa mengembangkan bakat dan meluapkan

keahlian masing-masing anak. Karena di dalamnya, akan digelar lomba lomba keagamaan seperti Nasyid, Da'i Cilik, Fashion Show, Lomba Mewarnai, dan Kaligrafi," terang Uu.

Selain itu, lanjut Uu, di Festival Ramadhan Tahun 2022 ini, juga digelar berbagai olahan makanan produk UMKM Kuningan dan kerajinan lainnya yang merupakan hasil dari tangan- tangan kreatif warga Kuningan.

"Mari kita semarakkan bulan suci Ramadhan ini dengan berbagai kegiatan positif untuk berbagi kebahagiaan dan kemuliaan di bulan Ramadhan," Pungkas Uu

(Agus Gusbur/mulus)



×
Berita Terbaru Update