Breaking News

Warga Desa Kedung Benda menerima BPNT, Tidak bisa Cair Sepenuhnya secara Tunai


Cilacap, patroli88investigasi.com – Pemerintah Desa Kedung benda  Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap 1, 2 & 3. Tahun Anggaran 2022, untuk 374  Penerima Manfaat (KPM).Sabtu (26/2/22).

Penyaluran BPNT tersebut diserahkan melalui petugas PT Pos Nusawungu berlangsung Di pendopo Balai Desa setempat dihadiri Kepala Desa, Perangkat Desa Dan warga  sebanyak 374 orang KPM.dan tersalurkan 368 ,tidak tersalurkan berhalangan sakit .di luar kota 1 orang dan 1 meninggal dunia .


Terpantau awak media, sejumlah mobil  bak terbuka berisikan beras, telur daging dan ayam berada Di halaman balai Desa Kedung benda milik agen E-Warung warga desa setempat.

Saat mereka sudah menerima BPNT  sebesar Rp.600 ribu, langsung ada yang dibelikan beras, telur dan daging ada juga yang hanya dibelanjakan sebanyak empat ratus ribu rupiah dan di sini sudah tidak di benarkan Di duga di arahkan oleh pemdes setempat.

Dikonfirmasi dari salah satu penerima BPNT warga Desa Kedung benda yang enggan disebut namanya mengatakan, saya sebenernya ingin diterima uang penuh Rp.600 ribu.Akan dibelanjakan di warung sekitar rumahnya.

Saya ingin dalam penerimaan BPNT ini bisa diterima dengan uang tunai, jangan untuk belanja disini, sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan. Tidak harus habis segitu banyak dan beras yang tidak layak konsumsi untuk belanja disini,  seperti kaya dipaksakan," ujarnya.

Sementara itu warga masyarakat sekitar mengatakan  Monitoring Dinas Sosial Kabupaten Cilacap mengatakan, untuk pembagian BPNT hendaknya harus berupa makanan pokok sesuai anjuran pemerintah antara lain jenis bahan yang mengandung Protein , Karbohidrat dan Sayuran.

Dibelanjakan sesuai kebutuhan pokok sembako yang mengandung beberapa varian yaitu Protein, Karbohidrat dan Sayuran, agar terpenuhi sumber gizinya, jangan dibelanjakan yang lainnya," ujarnya.

Sesuai edaran menteri Sosial bahwa BPNT juga boleh diterimakan berupa uang tunai , mengingat adanya kendala saat diterimakan BPNT beberapa saat yang lalu, banyak yang menuai kendala. Sehingga kurang sesuai manfaatnya.

"Kepada masyarakat berharap dengan adanya bantuan ini bisa membantu meringankan beban ekonomi dalam situasi pandemi dan tetap jangan lupa menjaga kesehatan," tandasnya, pembagian BPNT di pendopo baledesa berjlan aman kondusif dan sudah sesuai prokes (protokol kesehatan ).

(Shlh)

No comments