Breaking News

Kabid Humas Polda Jabar : Memasuki Musim Hujan, Dihimbau Masyarakat Berhati-Hati Saat Berkendara*

            



*Kabid Humas Polda Jabar : Memasuki Musim Hujan, Dihimbau Masyarakat Berhati-Hati Saat Berkendara*

Sejak beberapa hari lalu hujan telah mengguyur sebagian wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, maka bagi Anda yang membawa mobil harus lebih waspada lagi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa mengemudi dalam kondisi cuaca cerah dan jalan kering, berbeda ketika sedang turun hujan dan jalan berubah menjadi licin. 


Namun, bila kondisi terjadi ketika di tengah perjalanan dan disertai angin kencang, bagi pemotor disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan segera mencari lokasi berteduh yang aman. 


“Bagi pengendara mobil, dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan. Tidak hanya pada sisi depan, samping dan belakang, namun juga ancaman dari atas” Ujar Ibrahim Tompo.


Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan banyak pohon tumbang.


"Oleh karena itu, warga diimbau selalu waspada, terutama pengendara yang melintas saat hujan lebat disertai angin kencang." kata Ibrahim Tompo.


Permukaan jalan yang licin setelah diguyur hujan juga menambah risiko. Sebagian besar di wilayah Jawa Barat memilik ruas jalan dimana sisi kiri dan kanan terdapat sungai beraliran deras dan deretan bukit yang kadang kala longsor.


Tanah longsor umumnya terjadi pada kawasan yang memiliki lereng yang curam. Aktifitas manusia seperti pemotongan tebing untuk pembangunan rumah dan pembuatan jalan dapat juga menjadi salah satu penyebab lereng semakin terjal.


Masyarakat juga agar berhati - hati terhadap jalan bertebing yang mempunyai jurang yang dalam, disertai tikungan yang tajam.


Bandung, 1 Maret 2022


Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

(by mulus mulyadi) 

No comments