Breaking News

Gubernur Jawa Barat Melaksanakan Kunker Sekaligus Resmikan Revitalisasi Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis


Ciamis, patroli88investigasi.com – Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., bersama Ataliya Praratya melakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Peresmian Revitalisasi Obyek Wisata Situ Wangi di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (19/02/2022).

Turut Hadir Dalam Acara tersebut yaitu Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat yang di wakili Kepala BBWS Citanduy H. Elfan, Bupati Ciamis Drs. H. Herdiat Sunarya dan Kania Ernawati, Wakil Bupati Yana D. Putra dan Gitta Griselda, Para Dewan Kab. Ciamis, Tokoh Masyarakat dan Agama, dan juga Seluruh Unsur Forkopimda kab. Ciamis, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhankoro, S.I.K., SH., M.T., beserta Danramil 1307/Kawali Mayor Inf Miskam dan instansi terkait lainnya.



" Alhamdulillah perencanaan, penataan dan revitalisasi situ wangi saat ini berjalan dengan baik, dengan demikian kami mengajak kepada para warga untuk selalu menjaga dan melestarikan situ wangi ini," ujar H. Elfan.

Selanjutnya, Bupati Ciamis Herdiat menyampaikan rasa syukur dalam sambutannya yang mana warga masyarakat bisa bersilaturahmi dengan Gubernur Jabar.

" Selamat datang kepada Bapak Gubernur di Kabupaten Ciamis, Alhamdulillah pada kesempatan yang berbahagia ini meskipun yang kita ketahui saat ini kasus Covid-19 masih meningkat, namun dalam kegiatan ini tentunya di batasi serta tetap mematuhi Prokes yang telah ditetapkan, antusias masyarakat dalam menyambut kedatangan Bapak Gubernur ini begitu besar," Kata Bupati.

" Dan Obyek wisata ini semoga bisa menjadi daya tarik para masyarakat khususnya di kabupaten Ciamis dan umumnya untuk masyarakat di Jawa Barat ini," tambahnya.


Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan dalam sambutannya  Berkomitmen, cita-cita, janji yang pada saat itu awal-awal pemilihan Gubernur Jawa Barat dituangkan. Berkat dorongan aspirasi masyarakat Ciamis, ketika menjadi Gubernur berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut yakni merevitalisasi atau membuat wajah Situ Wangi menjadi bagus, serta menyampaikan anggaran yang saat ini telah di keluarkan oleh pemerintah yaitu 11 M.

"Ini merupakan tempat istimewa, ketika dulu awal-awal sebelum pemilihan Gubernur saya datang kesini dan merancang sebuah desain penataan Revitalisasi, dan alhamdulillah hari ini bisa kita dilihat semua perubahan yang ada di Situ Wangi, serta kedepannya situ wangi ini akan ada kapal yang akan saya design sendiri," ujarnya.

Menurut kang Emil, namanya fungsi ekologis harus punya fungsi sosial juga. Ekologis dari Situ Wangi ini adalah sumber mata air yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan lain-lain.  Sedangkan fungsi sosialnya untuk menjngkatkan kebahagiaan masyarakat, ekonomi khususnya pariwisata.

"Hari ini bisa dilihat bahwa fungsi airnya terjaga sangat baik tanpa ada perubahan, volumenya terjaga karena ada sumber mata air kemudian fungsi sosial baru kita perkenalkan. Saya doakan ini menjadi destinasi wisata Situ terbaik di Ciamis," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kang Emil menyiapkan Hadiah 5 Buah sepedah bagi para masyarakat setempat.

Ridwan Kamil berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya Jawa Barat untuk tetap selalu waspada terhadap penyebaran virus corona. Salah satunya tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Karena sekarang masih omicron tentunya butuh prokes dijaga. Saling menahan diri, untuk memastikan semua dalam keadaan sehat. Ciamis relatif masih terkendali. Karena 80 persen Kasus di Jawa Barat ngumpulnya di Bodebek dan Kota Bandung. Untuk ciamis saat ini sangat rendah," tandasnya.

(Aji)

No comments