Media Partner

Media Partner

Breaking News

MTS DAN MA PEMBANGUNAN MANDIRANCAN TERBITKAN BUKU ANTOLOGI PUISI SISWA DAN GURU



Kuningan,Patroli88investigasi.com_Literasi merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah untuk mendukung program pendidikan karakter. Kegiatan literasi menjadi penting untuk dibudayakan oleh masyarakat Indonesia agar menjadi pribadi yang kritis, inovatif, kolaboratif, dan kreatif. Untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa mengenai pentingnya literasi, diwujudkan melalui program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB). 

GSMB adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD hingga SMA/Sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi ditingkat nasional dengan total hadiah jutaan rupiah. Program yang diselenggarakan oleh Nyalanesia ini merupakan agenda tahunan yang telah terselenggara sejak tahun 2016. Berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan peduli literasi.

Tahun 2021 menjadi tahun gebrakan bagi tim literasi MTs dan MA Pembangunan untuk menerbitkan buku karya siswa dan guru sehingga terkumpul 50 karya antologi puisi siswa dan 50 karya antologi puisi guru. MTs dan MA Pembangunan Mandirancan berhasil menerbitkan dua buku antologi yang berjudul “Bunga Harapan Yang Bertumbuh Indah Di Suatu Hari Nanti” dan “Sepenggal Harapan Masa Pandemi” serta antologi puisi guru yang berjudul “Pena, Matahari, Beserta Yang Akan Kembali”. 

Menurut Kepala MTs Pembangunan, H. Aang Mahmud Latip, SE. dan Kepala MA Pembangunan, Rudi Rahman Ginanjar, S.Pd, dengan adanya program ini diharapkan menjadi pemantik semangat para siswa dan guru dalam menghasilkan karya sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. “Tetap semangat berkarya, tidak berhenti sampai disini,” ungkap Rudi Rahman Ginanjar, Kepala MA Pembangunan Mandirancan.

(Agus Gusbur)

Tidak ada komentar