Media Partner

Media Partner

Breaking News

Cegah Bencana, Dinas Tata Kota Banyumas Potong Pohon Cemara Di Kodim



Banyumas -  Brita PATROLI melaporkan Disamping manfaat pohon yang menghasilkan oksigen, pohon juga dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lain. Karbon dioksida ini berperan besar dalam kerusakan lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang berdampak pada meningkatnya panas bumi, namun perawatan pohon harus diperhatikan agar tidak menimbulkan bahaya bagi manusia.

Mengingat sampai saat ini curah hujan di Kabupaten Banyumas cukup tinggi yang kadang disertai angin kencang, hal itu sudah terjadi beberapa tanah longsor dan pohon tumbang yang menimpa rumah di wilayah kabupaten Banyumas baik di perkotaan sampai ke pedesaan sehingga dapat membahayakan kelangsungan hidup. 

Untuk itu Dinas Tata Kota Kabupaten Banyumas mengambil langkah-langkah prefentif/pencegahan guna meminimalisir terjadinya pohon tumbang atau dahan pohon yang patah akibat dari curah hujan yang tinggi dengan melaksanakan pemotongan dahan/ranting pohon yang berpotensi patah bahkan tumbang. Seperti yang dilaksanakan oleh dinas tata kota kabupaten Banyumas dengan memotong pohon cemara di komplek Kodim 0701/Banyumas kelurahan Kedungwuluh, kecamatan Purwokerto barat, kabupaten Banyumas . Senin 10/01/2022.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., melalui WS. Pasilog Kapten Arm Siswandi mengatakan bahwa pemotongan pohon cemara sudah melalui prosedur pemotongan pohon di lahan hijau ke dinas tata kota kabupaten Banyumas, hal ini mengingat usia pohon cemara tersebut sudah mencapai puluhan tahun serta tingginya juga sudah mencapai 20 meter lebih.

Sebagai langkah antisipasi pohon tumbang di lingkungan kantor yang dapat menimbulkan dampak yang tidak di inginkan maka Kodim 0701/Banyumas membuat surat ke dinas tata kota untuk memotong pohon tersebut apalagi sekarang curah hujan masih tinggi yang disertai angin. Tambahnya.

Setelah pemotongan pohon tersebut nanti Kodim 0701/Banyumas akan mengganti dengan pohon lain guna menahan laju air yang dapat mengakibatkan erosi, menjaga kesuburan tanah, menghasilkan oksigen serta mengurangi karbondioksida, membuat lingkungan jadi nyaman serta mengurangi pencemaran udara dan membuat lingkungan Makodim 0701/Banyumas jadi sejuk. Pungkasnya. AuL(shlh).

Tidak ada komentar