Media Partner

Media Partner

Breaking News

Universitas Negeri Makassar Menerjunkan Mahasiswa-nya Ke Sulawesi Barat Dalam Program KKN.

 


Universitas Negeri Makassar Menerjunkan Mahasiswa-nya Ke Sulawesi Barat Dalam  Program KKN.




Pasang kayu 13/12/2021 -- Patroli88investigasi.com--

Sebagai bagian dari rangkaian mata kuliah  yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah lewat  Kerja Kuliah Nyata ( KKN),untuk itu Universitas Negeri Makassar menerjunkan Mahasiswa nya ke daerah propinsi Sulawesi Barat,di seluruh desa yang ada,salah satunya  sebagian ditempatkan di Desa Bulu Mario, kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.


Kedatangan mahasiswa universitas Negeri Makassar  dalam kuliah kerja nyata/KKN selama tiga bulan ini,telah mendatangkan keuntungan dan pelajaran tersendiri bagi warga desa bulu Mario, karena banyak kegiatan-kegiatan warga dan program desa yang dapat diselesaikan sehingga warga   dapat berinovasi dan mengambil pelajaran dari apa yang dikerjakan oleh para mahasiswa Universitas Negeri Makassar ini, terutama terhadap Usaha Kecil & Menengah ( UKM ) yang ingin menambah ketrampilan yang sebelumnya tak pernah didapatkan.


Sementara itu para Masiswa/wi merasa dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan setelah terjun ke masyarakat sebagai bagian dari kekayaan intelektual-nya terutama dalam bidang sosial .

,"  Kami banyak mendapatkan  pelajaran dan menambah wawasan setelah terjun di masyarakat terutama di desa ini  kami rasakan seperti Indonesia mini karena warganya terdiri dari berbagai,suku, etnis agama,dan budaya ada disini ," ungkap salah seorang ketuanya.


Gelombang kedatangan para mahasiswa ini,di bagi menjadi  dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok reguler dan terpadu. 


Dalam masa waktu KKN banyak kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa ditempat masing-masingang dan secara langsung dapat membantu warga masyarakat diantaranya gotong royong, memperbaiki kantor kepala desa,perbaiki bangunan Sekolah  Dasar (SD),ikut mensukseskan program vaksinasi,mensosialisasikan bahaya narkoba, aktif dalam kegiatan  keagamaan,pemberian nama jalan dan lain-lain.


Sementara mahasiswa yang tergabung  dalam rombongan terpadu  aktif dalam  belajar mengajar di SD,SMP,SMK yang ada diwilayahnya.


Kepala Desa bulu Mario Burhan yang selalu mendampingi dan mengarahkan para Mahasiswa merasa terbantu dengan kehadiran para Mahasiswa/wi karena banyak program di Desanya dapat disosialisasikan ke masyarakat,bahkan dapat dikerjakan langsung.

 ," Dengan kedatangan adik-adik Mahasiswa di desa kita ini sangat membantu masyarakat dan banyak program kita yang dapat dikerjakan langsung ," jelasnya.

( H.M /Mulus Suteja) 

Tidak ada komentar