Media Partner

Media Partner

Breaking News

Pengaspalan Jalan di Desa Tanggeran Banyumas Tanpa Dipasang Plang


Banyumas, patroli88investigasi.com - Pengaspalan jalan desa ,di desaTanggeran  Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas tanpa dipasang plang ,diduga tidak ada transparansi pengguna anggaran apakah proyek dana siluman yang teletak di RT 03 RW 02 Saat awak media menggali informasi di Kantor desa Tanggeran. Kamis (09/12/21)

Sekretaris desa setempat mengatakan, pengaspalan jalan desa dibiayai dari Bankeu Propinsi,




"Pengaspalan Jalan didesa Tanggeran dibiayai dari Bankeu Propinsi, semua sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan tekhnisnya , warga masyarakat juga sudah diberi tahu semua kalau mau dibertakan ya monggo,"katanya.

Awak media menginformasikan hal tersebut kepada Camat Somagede Saptono, namun saat berita ini di turunkan belum ada jawaban dari Camat Somagede.

Salah satu warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, pengaspalan jalan di desanya kurang baik masalah dana darimana terus berapa besarnya juga tidak tahu saya," Ungkapnya.

Awak media mencoba konfirmasi dengan Tim Pelaksana Desa, atas arahan dari Sekretaris desa Tanggeran, namun dalam keterangannya tidak bisa menjelaskan apa yang dipertanyakan oleh awak media

Dari hal tersebut patut diduga dalam proses pengaspalan jalan di desa Tanggeran diduga sengaja tidak transparan, kami sebagai awak media sebagai Control sosial, tentu mengharapkan ke transparanan dari semua kegiatan proyek pembangunan yang dibiayai oleh negara.

Dari hasil pantaun awak media kegiatan pengaspalan yang saya kerjakan sekitar panjang 650 meter dan lebar 2,5 meter, dari awal pengerjaannya tidak dipasang papan proyek,

Hal senada disampaikan, salah satu warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengatakan,harusnya proyek pembangunan aspal jalan atau yang lainnya yang dibiayai negara dari pajak rakyat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya salah satunya dilengkapi dengan papan proyek,Agar semua warga masyarakat turut mengawasinya.

"Sejak pengerjaan Pengaspalan jalan ini tidak terpasang papan informasi proyek.sampai dengan selesai pengerjaanya,sementara mandor pekerja pun sering tidak ada ditempat pekerjaan aspal jalan, katanya.

Ditambahkan menurutnya, hasil proyek pengaspalan jalan bisa baik dan bermutu asalkan seluruhnya dikerjakan dengan spesifikasinya (Spek) &  Rencana Anggaran Belanjanya (RAB), serta finishingnya dalam pemadatan Stoom Wals/ Slendernya yang sempurna.

Pelaksanaan proyek pembangunan pemerintah padahal jelas-jelas sudah diatur dalam Undang-Undang no.14 tahun 2008 yaitu tentang Keterbukaan lnformasi Publik (KlP),Perpres no. 54 tahun 2010 serta Perpres no.16 tahun 2018 yaitu setiap pekerjaan bangunan yang dibiayai negara harus dilengkapi papan proyek, diantaranya nama proyek, jenis kegiatan, lokasi proyek,nomor kontrak, pelaksanaan proyek, dan nilai kontrak serta kalender pekerjaan seharusnya.

(Solh)

Tidak ada komentar