Media Partner

Media Partner

Breaking News

Mayor Inf Nurul Muthahar Pimpin Ziarah Nasional Peringati Hari Juang Kartika


Wonogiri, patroli88investigasi.com - Mewakili Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Rivan Rembodito Rivai, Kasdim Mayor Inf Nurul Muthahar memimpin Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kabupaten Wonogiri, dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika, Selasa (14/12).



Upacara ditandai dengan mengheningkan cipta dan penghormatan kebesaran bagi arwah para pahlawan dalam suasana yang khidmat. Selanjutnya, Kasdim sebagai pimpinan ziarah meletakkan karangan bunga di Tugu Peringatan Pahlawan dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di pusara para pahlawan, yang diikuti segenap peserta ziarah.

Ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2021, yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ungkap Kasdim.

Mayor Inf Nurul menerangkan, bagi TNI AD Hari Juang Kartika merupakan peringatan mengenang Pertempuran Ambarawa yang puncaknya terjadi pada 15 Desember 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Infanteri TNI AD.

Dirinya menambahkan, Pertempuran Ambarawa berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Soedirman dan berhasil meraih kemenangan gemilang dengan memukul mundur sekutu dari Ambarawa. Sebagai bukti sejarah, di lokasi pertempuran, kemudian dibangun sebuah monumen bernama Monumen Palagan Ambarawa, 

(Arda 72)

Tidak ada komentar