Media Partner

Media Partner

Breaking News

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Karumkit Bhayangkara Launching Mobil Lab PCR


Kalteng , patroli88investigasi.com – Dalam rangka antisipasi gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto meluncurkan Mobil Laboratorium PCR untuk wilayah Kalimantan Tengah bertempat di Halaman Paviliun Presisi RS Bhayangkara Jalan H. Ikap Kota Palangka Raya, Rabu (15/12/2021) pagi.




Karumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto menyampaikan hal ini merupakan bentuk dukungan Polri melalui Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya terhadap penanganan pandemi Covid-19 dengan memberikan pelayanan laboratorium dan meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen COVID-19 melalui cakupan Testing di wilayah Kalimantan Tengah.

“Kegiatan peluncuran Mobil Laboratorium PCR di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai antisipasi dan implementasi transformasi operasional menuju Polri yang Presisi melalui Rumkit Bhayangkara Palangka Raya dalam penanganan COVID-19”, ungkapnya.

Lebih lanjut dr. Anton Sudarto menyampaikan Mobil Lab PCR tersebut telah dilengkapi berbagai perlengkapan dan fasilitas yang canggih, salah satunya dilengkapi dengan ruang negative pressure, mesin automatis extraksi RNA, test PCR (Polimerase Chain Reaction) dengan open system, serta dilengkapi oleh BIO Safety Cabinet Level 2.

Sementara itu, Mobil Laboratorium PCR ini juga dapat ditempatkan di daerah-daerah yang paling membutuhkan seperti Kabupaten/Kota yang tidak memiliki fasilitas layanan kesehatan Laboratorium PCR.

“Dengan adanya Mobile Lab PCR ini diharapkan membantu memberikan kontribusi dalam menuntaskan pandemi Covid-19 melalui proses pengolahan sampel dan hasil test secara langsung dengan hasil yang efektif dan efisien”, tutupnya

Selain launching Mobile Lab PCR, Rumkit Bhayangkara Palangka Raya juga melaksanakan salah satu tradisi masyarakat Dayak yaitu “Tampung Tawar” atau upacara pemberkatan mengawali syukuran Mobil Lab PCR serta para petugas mobil tesebut dengan harapan mendapat keberkahan dan terhindar dari keadaan buruk atau musibah.

(Red,Moh Asep)

Tidak ada komentar