Media Partner

Media Partner

Breaking News

WORKSHOP GURU BINAAN KEMENTRIAN AGAMA


Ciamis, patroli88investigasi.com – PenMad Kementrian Agama beserta panitia dari PPKMI (Perkumpulan Pendidik dan Kependidikan Madrasah Indonesia) telah mulai melaksanakan program workshop administrasi pembelajaran guru dimuali dari hari Senin 15 November 2021 yang diiselenggarakan di daerah Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Di hari ke dua dilaksanakan di daerah Ciamis kota. Dan hari ini, rabu 17 November 2021 sebagai zona ke tiga dilaksanakan di wilayah kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis tepatnya di gedung Dakwah Islam Purwadadi.




Program workshop tersebut bertujuan sebagai pelatihan peningkatan mutu dan kualitas guru. Dalam hal ini guru non PNS.

Pada pelaksanaan di zona ke tiga diikuti oleh perwakilan lembaga tingkat MI dari Kecamatan Lakbok, Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Banjarsari, dan Kecamatan Banjaranyar, Untuk selanjutnya lembaga tingkat MTs dan MA yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu selama lima hari kedepan. Dan untuk tingkat RA dilaksanakan diperiode terakhir.

Hasil dari penyampaian sosialisasi kepada lembaga dan tenaga pengajar disambut dengan antusias yang sangat baik. Meskipun sebagian ada yang berbenturan dengan sedang dilaksanakannya ANBK, namun tetap menyempatkan hadir untuk mengikuti workshop tersebut.

Sesi demi sesi yang disampaikan oleh narasumber diikuti dengan khidmat.

Ada beberapa sesi yang dilaksanakan dalam penyampaian materi pada workshop tersebut dengan pertimbangan masih dalam masa pandemi. Antara lain sesi tatap muka, sesi daring, dan sesi zoom meeting. Sedangkan materi yang disampaikan meliputi motivasi guru, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Dan narasumber yang menyampaikan materi pelatihan adalah dari Kemendikbud, konsultan pendidikan juga dari PenMad Kementrian Agama.

"Ini program ditunggu-tunggu sejak tahun 2018 dan ini sejarah di Kemenag belum pernah ada. Program yang sifatnya merangkul guru non PNS secara formal yang ditunjang oleh anggaran dari Pemda... Alhamdulillah terrealisasi sekarang.." tutur pak Taopik sebagai ketua PPKMI.

"Setelah program ini terealisasi, program selanjutnya pertama membantu guru untuk bisa dipasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran, yang kedua mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Ciamis bersinergi dengan Kementrian Agama untuk mampu memberikan apresiasi perhatian terhadap guru honor.." tambahnya.

(Galih)

Tidak ada komentar