Media Partner

Media Partner

Breaking News

Uptd Pukesmas Beserta Forkopimcam Gelar Rakor Terkait Promosi Kesehatan (Promkes)


SUBANG, PATROLI88INVESTIGASI.COM - Uptd Puskesmas Cisalak beserta Forkofincam Cisalak Kab.Subang gelar rakor dihadiri Kepala Desa (yang diwakili) se - kecamatan Cisalak, bidan desa, serta Stakeholder terkait lainnya, acara dilaksanakan di lantai 2 Uptd Puskesmas Cisalak. Selasa (16/11/2021) 




Kepala Uptd Pukesmas Cisalak dr Shinta mengatakan "Kami berserta forkopincam Cisalak, Para Kepala desa, bidan desa serta stakeholder lainnya selaku Gugus Tugas Kesehatan dalam Tim Penanganan dan Penanggulangan khususnya Covid-19, ingin lebih menggalakkan lagi fungsi kerja Promosi Kesehatan (Promkes) di setiap desanya masyarakat sangat perlu untuk diingatkan kembali tentang Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yakni adanya 3 komponen resiko yang harus ditanggulangi bersama. Komponen resiko tersebut yakni penyakit infeksi menular, penyakit tidak menular, dan penyakit yang seharusnya sudah punah namun dikhawatirkan mewabah kembali., " Terangnya.

Covid-19 sendiri masuk kategori penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan merebak sangat cepat. Melalui Promkes ini dimaksud agar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Perilaku hidup bersih dan sehat. Dalam langkah pencencegahan paparan Covid-19,  Yakni dengan cuci tangan pakai sabun, penggunaan masker, penerapan pola hidup sehat. 

Lanjut dr. Shinta hal utama yang harus di kedepankan bila akan pergi ke fasilitas publik atau ke luar rumah harap menggunakan masker sebagai langkah pencegahan(disiplin proses). Terkait pelaksanaan vaksinasi kami mengajak kepada seluruh komponen terkait, Agar bagi yang belum di vaksin untuk segera melaksanakannya dan kepada pemdes serta tim gugus tugas covid 19 di setiap desanya agar lebih proaktif lagi khususnya bagi kalangan lansia. Dan kami akan door to door seperti yang sudah di lakukan bila Pihak Pemdes serta tim gugus tugas di setiap desanya sudah mendapatkan data ( lansia ) yang sudah siap melaksanakan vaksin. khusunya dosis ke 1. Untuk itu kami mohon dukungannya lebih proaktif lagi., " Harap dr Shinta.

Sementara itu Camat Cisalak Eza Zaithon Anshori T AP menambahkan " Kami mendukung serta mengajak agar seluruh komponen yang terkait tim gugus tugas covid 19 yang ada diKecamatan Cisalak untuk lebih instan lagi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat di setiap desanya,"Imbuhnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi khususnya kepada lansia. Karena lansia dikecamatan Cisalak masih belum mencapai target. Dalam hal ini yang melaksanakan vaksin dosis ke 1. Untuk itu mari kita bersama-sama untuk melaksanakan Program kesehatan khususnya pelaksanaan vaksinasi  bagi lansia agar pencapaian target bisa terlaksana.

Pencapaian target vaksin bagi lansia tentunya akan berjalan sesuai target, bila seluruh stackholder didalamnya solid dengan terus menjaga komunikasi yang dengan baik, Pungkasnya. 

(Gerry)

Tidak ada komentar