Media Partner

Media Partner

Breaking News

KJJT Wilayah Banyuwangi Dalam Waktu Dekat Resmikan Kantor Sekertariat


BANYUWANGI- Patroli88investigasi.com-- Rapat kordinasi Pengurus dan anggota Komunitas jurnalis Jawa timur( KJJT) wilayah Kabupaten Banyuwangi,  bertempat di kediaman Ketua KJJT- Banyuwangi di Desa Setail, Kecamatan Genteng  berjalan sukses tanpa ada kendala satupun. Jumat.(19/11/2021)





Rakor yang bertujuan untuk meningkatkan mutualisme  kerja di kancah jurnalis yang edentik dengan pemberitaan sebagai sarana informasi keterbukaan publik mendapat aplos support dari beberapa rekan media TV, online, cetak dan elekronik tersebut di harap mampu menjadi wadah silahturohmi diantara sesama wartawan.

Dalam sambutanya Moch. Dofir M, yang merupakan Wartawan Muda mengatakan, "Terbentuknya KJJT wilayah Banyuwangi ini tak lepas dari saran dan semangat  rekan-rekan wartawan yang tergabung di dalamnya. Selain akan menjadi tempat untuk saling bersilaturrahmi antar wartawan, komunitas  telah terkemas sebagai wadah untuk mencari solusi pada saat menjalankan tupoksi jurnalis mendapatkan tekanan hingga diskriminatif atau kriminalisasi akan profesi," tuturnya 

" Berpegang teguh terhadap  Kodek Etik Jurnalis (KEJ) sudah menjadi tangung jawab profesi, terbentuk KJJT di Banyuwangi, tentu akan menambah pemahan kita semua akan dunia jurnalistik, apalagi KJJT telah berbadankan hukum," ungkap Dofir 

Maka dengan demikian pengurus bersama anggota KJJT  wilayah Banyuwangi telah memutuskan bahwa,  kantor sekertariat bertempat di Di Dusun Sumberwandung, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, dalam waktu dekat akan segera di resmikan.

" Kantor sekertariat KJJT dalam waktu dekat akan segera kami resmikan, terlepas dari itu semua, setelah RAKOR hari ini, legalitas pemberitahuan kepada pihak APH Pemkab dan instansi terkait, seperti halnya BADGES BANGPOL, Forkopimda, KOMINFO, POLRESTA, dan juga Kejaksaan,  dan beberapa pihak lainnya yang menjadi bagian Birokrasi di Banyuwangi," Papar Dofir sapaan akrabnya  di kalangan  rekan jurnalis Banyuwangi

Dalam kesempatan yang sama, hal  senada  di sampaikan oleh dewan pensehat KJJT wilayah Banyuwangi Agus Muji Mulyo dan sekaligus Kabiro media Lensa Barometer Indonesia(LBI)

" Sudah saatnya KJJT muncul di Banyuwangi, maka apa yang telah menjadi kesepakatan, sudah sapatutnya di jalankan, komitmen dan saling memiliki komunitas itu menjadi bagian terpenting,  tanpa ada tendensi kepentingan pribadi." Jelas Agus MM


Ketua KJJT-BWI Keluarkan Release Media yang Tergabung Didalamnya

Banyuwangi, – Ketua Komunitas Jurnalis Jawa Timur wilayah Banyuwangi (KJJT-BWI) yang merupakan Alumni UKW di Institut Solopos itu, mengeluarkan rilis daftar media yang tergabung di dalamnya.

Berikut daftar nama media KJJT-BWI :

     1. www.lensanusantara.co.id

     2. www.siber88.co.id

     3. www.lensabarometerindonesia.com

     4. www.jurnalpolisi.com

     5. www.radarpostnasional.com

     6. www.mediaputrabayangkara.com

     7. www.metroindonesia.com

     8. www.kopatasnews.com

     9. www.harianjejakkasus.com

     10. www.mediatipikor.com

     11. www.metropost1.com

     12. www.kabarjatim.com

     13. www.cakratara.com

     14. www.sentralone.com

     15. www.filesatu.com

     16. www.topiknews.com

     17. www.nasionaltelevisi.com

     18. www.suaramabes.com

     19. www.nusantaranews86.com

     20. www.detikkota.com

     22. www.transtv45.com

  


Ketua KJJT-BWI Moch. Dofir M. menegaskan bahwa, media tersebut sudah melalui proses filter atau hasil penyaringan, baik dari sisi keaktifan media dan wartawannya dalam pemberitaan.


"Kami tidak mudah menerima media yang mau bergabung, tentu kita lihat legalitas dan bagaimana peranannya terhadap pemberitaan,” jelasnya


Diterangkannya, sejak awal proses berdirinya Komunitas Jurnalis Jawa Timur Wilayah Banyuwangi (KJJT-BWI), media yang tergabung didalamnya ada yang dilkeluarkan juga ada yang baru masuk.


“Sehingga kami memfilter kambali, hasil dari kesepakatan pengurus KJJT-BWI, media yang tergabung, kami kroscek rekam jejak pemberitaannya,” ungkapnya,pada Sabtu (20/11/2021).


Dhofir juga menyampaikan bahwa ada dua Jurnalis kita yang tergabung di KJJT-BWI akan mengikuti segera Uji Kompetensi Wartawan (UKW).


"Nah itu yang penting, untuk mengukur kompetensi diri sendiri dan juga untuk meningkatkan kualitas serta keahlian dalam menjalankan profesi sebagai jurnalis, kebetulan ada dua Jurnalis di KJJT-BWI ini yang akan mengikuti UKW di bulan mendatang.” terangnya.


Selain itu, lanjut Dhofir, untuk penertiban anggota dan media yang tergabung di KJJT-BWI sudah dibentuk pengawas internal dengan dasar AD/ART organisasi.


“Jika ada media atau wartawan yang kedapatan ada pelanggaran kode etik jurnalistik, kami akan berikan sanksi, baik teguran sampai dikeluarkan dari dari KJJT-BWI, tentu kita kan melihat sejauh mana pelanggarannya,” ujarnya.


"Dia berharap, dengan terbentuknya KJJT-BWI, bisa menjadi wadah bagi teman-teman se profesianya di dunia jurnalistik.


“KJJT-BWI merupakan wadah, kita berhimpun, diskusi tentang dunia jurnalistik, besar harapan kami, semoga organisasi ini bermanfaat dan bisa memberikan sumbangsih edukasi lewat pemberitaan kepada masyarakat, juga pihak-pihak terkait” pungkasnya wartawan muda tersebut. (*)

Humas KJJT/Mulus Suteja

Tidak ada komentar