Media Partner

Media Partner

Breaking News

APLIKASI SIDAKEP TERINTEGRASI SECARA NASIONAL


Bandung,Patroli88investigasi.com- Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat tahun 2020, angka pengangguran di Kota Cimahi naik menjadi 13,30 persen atau menjadi 39.436 orang. Dengan angka itu Cimahi divonis menjadi kota tertinggi kedua pengangguran di Jawa Barat.


Untuk menekan angka pengangguran itu, Disnaker Kota Cimahi pun kini memiliki Sistem Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakep). Aplikasi tersebut diklaim bakal bermanfaat untuk warga Kota Cimahi.

Kepala Disnaker Kota Cimahi, Yanuar Taufik mengatakan, sistem terbaru tersebut akan memuat seputar informasi pekerjaan hingga pelatihan. Bukan hanya di Kota Cimahi, melainkan di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Menurtnya, sistem tersebut sudah terintegrasi dengan Pemrov Jabar dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sehingga informasi lowongan pekerjaan hingga pelayanan nantinya akan muncul juga dalam aplikasi Sidakep.

"Kan indikator kita mengurangi pengangguran. Lowongan pekerjaan baik yang ada di Cimahi, mapupun luar Cimahi nantinya ada karena sudah terintegrasi," jelas Yanuar, Senin (27/9).

Yanuar meyakini keberadaan Sidakep akan bermanfaat untuk mengurangi pengangguran di Kota Cimahi. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal Kota Cimahi.

"Untuk menyiapkan SDM ada juga pelatihan. Tidak hanya di Cimahi, bahkan nasional bahkan luar negeri kalau berniat mau meningkatkan kompetensi," ujarnya.


Untuk saat ini, kata Yanuar, aplikasi Sidakep masih dalam tahapan penyempurnaan. "Saat ini masih dalam proses penyempurnaan. Kemungkinan dalam waktu dekat baru bisa beroperasi," ucapnya.

(Kabiro yono/Red)

Tidak ada komentar