Media Partner

Media Partner

Breaking News

Kota Cirebon Optimis Targetkan Capaian Herd Immunity di Akhir 2021

 


Cirebon, patroli88investigasi.com - Vaksinasi Covid-19 perlu dipercepat. Agar target kekebalan kelompok atau herd immunity bisa tercapai sesuai perkiraan pada akhir 2021 mendatang.

Kota Cirebon sendiri menjadi salah satu daerah yang berkontribusi signifikan dalam mempercepat vaksinasi di Jawa Barat. Di antaranya dengan mengoptimalkan Gebyar Vaksinasi Jabar Juara Merdeka.



Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., menyampaikan saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Jabar sudah sekitar 23 persen. Hal itu disampaikan Agus di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di CSB Mall, Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Sabtu (28/08/2021).

“Capaian vaksinasi Covid-19 di Jabar saat ini sudah 23 persen,” ungkap Agus.

Dengan kecepatan vaksinasi Covid-19 di Jabar yang mencapai 200 ribu per hari, maka target terbentuknya kekebalan kelompok baru bisa dicapai 2023 mendatang.

“Akan lama lagi kita melakukan testing, tracing dan treatment. Kita juga harus lebih lama lagi menjaga prokes,” Ujarnya.

Untuk itu, mulai hari ini di 27 kota dan kabupaten se-Jabar dilakukan Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 hingga 600 ribu per hari. Sehingga 37,9 juta warga Jabar dapat segera divaksin hingga akhir tahun ini untuk mencapai kekebalan kelompok.

Kota Cirebon sendiri, lanjut Agus, berkomitmen untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. “Agar pandemi yang saat ini terjadi segera menjadi endemi,” Ujarnya.

Untuk hari ini, Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon selain dilakukan di CSB juga di SMA Negeri 7 Kota Cirebon dan seluruh puskesmas di Kota Cirebon. Gebyar vaksinasi Covid-19 akan terus dilakukan hingga akhir tahun.

“Semua pihak diminta turut serta menyukseskan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk Jabar juara lahir batin. Ini bentuk ikhtiar untuk keluar dari pandemi,” Tutur Agus.

Selama proses vaksinasi Covid-19 ini, dikatakan Agus, Pemda Kota Cirebon juga telah mengizinkan pembukaan sejumlah sektor usaha. Mulai dari pusat perbelanjaan, pariwisata maupun sektor usaha lainnya. “Syaratnya, prokes tetap dijalankan dengan ketat,” Ujarnya.

Selain itu, orang yang akan masuk ke mal dan pusat perbelanjaan serta lokasi wisata diwajibkan untuk sudah divaksin. “Ini merupakan bagian untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk segera divaksin,” Ujar Gusmul begitu sapaan akrabnya.

Sementara itu, Manajer CSB Mall, Adwin Nugroho, menjelaskan sebagai pelaku usaha mereka sangat mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.

“Alhamdulillah dari 5 mal di Jabar, CSB dipilih sebagai salah satu lokasi untuk pelaksanaan gebyar vaksinasi,” Ujar Adwin.

Ke depannya, Adwin juga menyatakan CSB Mall siap untuk menjadi sentra vaksinasi Covid-19. Sehingga ke depannya semua bisa sehat dan dapat beraktivitas dengan normal kembali. 

(Rio)

Tidak ada komentar