Media Partner

Media Partner

Breaking News

BUPATI TOLITOLI BERHARAP SEKTOR PERKEBUNAN SAWIT DAPAT BERKONTRIBUSI BAGI PEMBANGUNAN DAERAH*


Manajemen PT Citra Mulia Perkasa (CMP), telah mendirikan pabrik pengolahan _Crude Palm Oil (CPO)_ atau Minyak Kelapa Sawit di area perkebunan Kelapa Sawit yang ada di Desa Janja Kecamatan Lampasio.  Tujuan pendirian pabrik ini salah satunya untuk mendorong penyediaan sarana dan prasarana pengolahan minyak sawit sekaligus dapat berkontribusi dalam meningkatkan pasokan ekspor CPO dari Indonesia.

Untuk melihat dari dekat aktivitas operasionalisasi pabrik pengolahan CPO milik PT. CMP ini, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya bersama Wakil Bupati Moh. Besar Bantilan melakukan kunjungan ke lokasi pabrik sekaligus meninjau aktivitas operasional di dalam pabrik. Dalam kunjunganya itu, Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Asisten Sekda bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Hi. Rustan Rewa, MP, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Moh. Nasir Dg. Marumu, S.Pt, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Moh. Fadly, S,Sos.,M.Si, Kepala Dinas Transmigrasi Roedoelof, S.STP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Moh. Akbar Syah dan Kepala Bagian Pemerintahan Hasdono, S.STP.



Dalam kunjungan itu, Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan, memperoleh penjelasan teknis dari pihak perusahaan serta pengelola pabrik antara lain mesin-mesin yang digunakan di dalam pabrik umumnya bekerja secara otomatis yang digerakkan dengan tenaga listrik dari diesel milik pabrik. Namun demikian masing-masing unit di dalam pabrik membutuhkan operator tersendiri sehingga tetap membutuhkan tenaga manusia. Selain itu juga dijelaskan bahwa aspek lingkungan masyarakat menjadi prioritas utama yang diperhatikan dalam penentuan lokasi pabrik ini karena potensi pencemarannya cukup besar. 

Pada kesempatan itu, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya mengharapkan agar sektor perkebunan kelapa sawit sebagai industri hulu minyak sawit, dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Meskipun letaknya berada dipelosok dan terpencil, namun diharapkan dapat mendorong wilayah ini untuk berkembang serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (SARNI HASAN/MohFeri/Mulus)(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

Tidak ada komentar