Media Partner

Media Partner

Breaking News

Bintara Asal Papua Belajar Teritorial di Kodim Purbalingga




PURBALINGGA ,patroli88investigasi.com –Sebanyak 7 orang Bintara Abituren (lulusan) dari Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD  Tahun 2021 yang berasal dari Kodam XVIII/Kasuari  melaksanakan kegiatan latihan kerja (OJT) aplikasi atau praktik pendalaman materi teritorial di Kodim 0702/Purbalingga.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Dandim 0702/Purbalingga letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han yang juga turut memberikan sambutan dan pembekalan awal kepada mereka.

Dalam Arahannya Dandim berpesan agar nantinya mereka dapat menyerap ilmu teritorial untuk digunakan sebagai bekal nantinya mereka bertugas di wilayah Papua sebagai daerah asal dan daerah penempatan mereka bertugas, Jumat, (6/8/2021).

"Selama 10 Minggu yaitu dimulai dari tanggal 6 Agustus sampai dengan tanggal 20 Oktober 2021, Bintara Otsus akan didampingi oleh Bintara pendamping dari Kodim 0702/Purbalingga sebagai kakak asuh dan Danramil serta Dandim sebagai orang tua asuhnya," katanya.

"Materi yang akan dipelajari yaitu aplikasi langsung di lapangan tentang ilmu teritorial dan wawasan kebangsaan serta bekal ilmu lainnya sebagai bekal nantinya mereka bertugas," ungkapnya.

Dandim juga menekankan jika maksud dan tujuan mereka melaksanakan kegiatan ini adalah sebagai bekal untuk memberikan gambaran dan penjelasan secara garis besar penyelenggaraan kegiatan teritorial. Kegiatan ini juga dilaksanakan di tiap Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro termasuk di Kodim 0702/Purbalingga.

Di sisi lain Serda Yopi Fakdawer  salah satu peserta dalam kegiatan ini sebagai  putra daerah yang berasal dari Kabupaten Sorong Papua menuturkan jika dirinya merasa beruntung mendapatkan kesempatan belajar ilmu teritorial sebelum dirinya ditempatkan di satuan daerah asalnya yaitu Papua.

"Sangat beruntung karena hal ini dapat sebagai bekal ilmu  nantinya yang akan kami aplikasikan di satuan baru kami, untuk membina masyarakat daerah kami terutama menumbuhkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme NKRI," katanya. 

(SF/ari w/moh asep)

Tidak ada komentar