Media Partner

Media Partner

Breaking News

Upaya Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Polres Banjarnegara Bersama Sarsipol Luncurkan Inovasi Motor Semprot Disinfektan

 




BANJARNEGARA,patroli88investigasi.com – Polres Banjarnegara bersama Komunitas Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online) meluncurkan sebuah terobosan kreatif berupa inovasi Motor Semprot Disinfektan sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Wilayah Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, inovasi dibuat dengan memanfaatkan sepeda motor Bhabinkamtibmas dan ojek online yang dilengkapi semprot disinfektan.

"Motor Bhabinkamtibmas dimodifikasi dengan dipasang alat semprot disinfektan yang diletakan di box bagian belakang sepeda motor," katanya saat launching motor sempot disinfekatan di Halaman Mapolres Banjarnegara, Rabu (7/7/2021).

Menurut dia, hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan menjaga masyarakat agar selalu sehat dan aman, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

"Sepeda motor yang sudah dipasang alat akan digunakan oleh Bhabinkamtibmas pada saat pelaksanaan tugas di Desa binaanya sekaligus melakukan penyemprotan," tuturnya.

Pada kegiatan tertentu, lajut AKBP Fahmi, motor ini bisa digunakan secara luas untuk membantu penyemprotan di zona yang perlu dilakukan penyemprotan.

"Motor bisa masuk gang kecil yang tidak terjangkau mobil untuk melakulan penyemprotan," kata dia.

Sementara itu, Perwakilan Sarsipol Irhamto menjelaskan, cara kerja Motor Semprot Disinfektan yakni dengan cara jerigen yang sudah diisi air disinfektan disambungkan dengan slang ke mesin dinamo sprayer elektrik, keduanya dimasukan di box motor belakang.

"lalu untuk menyemprotkan air kita gunakan spayer atau semprotan air," jelasnya.

Sedangkan arus listrik untuk menghidupkan mesin dinamo, kata dia, diambil dari aki sepeda motor.

"Kita kasih saklar untuk menghidupkan dan mematikan dinamo, ketika saklar dihidupkan maka air disinfektan akan menyembur," tandasnya.

(Akbar gilar/moh asep)

Tidak ada komentar