Media Partner

Media Partner

Breaking News

[HOAKS] Unggahan Video Pasar Jagasatru yang Beredar di Medsos


Cirebon, patroli88investigasi.com - Penjelasan: Terkait Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan pedagang di sebuah pasar bentrok dengan Satpol PP. Pada video tersebut terlihat pedagang melempari Satpol PP dengan tempat penyimpanan buah dan sayur. Pada video tersebut juga dituliskan Pasar Jagasatru. Yang menunjukkan bahwa bentrokan tersebut terjadi di Pasar Jagasatru, Kota Cirebon.

Cek Fakta: Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Berintan, Kota Cirebon, Drs. Sekhurohman menjelaskan video bentrok pedagang pasar dengan Satpol PP tidak terjadi di Kota Cirebon. “Pasar tradisional di Kota Cirebon dalam kondisi aman. Itu video hoax,” tegas Sekhurohman, Minggu, 18 Juli 2021.

Bentrokan tersebut sebenarnya terjadi di Pasar Kartini Peunayong Banda Aceh, 24 Juli 2021 lalu. Dijelaskan Sekhurohman, video bentrok antar pedagang dan Satpol PP itu terjadi di Pasar Kartini Peunayong, Banda Aceh, 24 Juli 2021 lalu. Dilansir pada Laman Youtube Serambi on TV, saat itu pedagang enggan dipindah sehingga melempari Satpol PP dengan tempat penyimpanan buah dan sayur.

Bahkan, seperti dilansir dari laman Kompas.com bentrok antar pedagang dan Satpol PP juga terjadi di Pasar Ngabul, Jepara, Jawa Tengah dengan menggunakan video yang sama. “Video itu juga dijadikan berita hoax di Kabupaten Jepara,” Ungkap Sekhurohman.

(Rio)


Link Counter: https://aceh.tribunnews.com/2021/05/24/pemindahan-pedagang-pasar-kartini-peunayong-ricuh-satpol-pp-dilempari-sayuran-dan-kayu


https://youtu.be/fp7kvN1rsM


https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/17/133600765/viral-video-bentrokan-pedagang-vs-aparat-di-pasar-ngabul-jepara-ini?page=all#page2

Tidak ada komentar