Media Partner

Media Partner

Breaking News

Ekosistem Inovasi yang Dapat Indonesia Tiru dari San Fransisco


 Jakarta,Patroli88invesrigasi.com -Indonesia dapat memetik pelajaran dari kesuksesan San Francisco yang tumbuh menjadi smart and sustainable city yang digerakkan oleh pengembangan pusat teknologi informasi/digital, bioteknologi, dan pendidikan kelas dunia.

Dalam hal biotech environment di San Fransisco, diketahui terdapat kurang lebih 200 perusahaan bioteknologi, termasuk Genetech yang merupakan pioneer bagi industri bioteknologi.

Hal ini didukung investasi dari pemerintah kota dan empat perusahaan real estate dalam pengembangan infrastruktur daerah, antara lain investasikan lebih dari $300 juta untuk perbaikan jalan, kualitas air, dan peningkatan kualitas saluran pembuangan, membangun lebih dari 600 unit permukiman.

Selain itu, mayoritas perusahaan bergerak di bidang kesehatan (obat-obatan, alat kesehatan) dan 61% bergerak di bidang Research and Development  biofarmasi seperti vaksin, produk alergi, terapi gen.

Selanjutnya, ekosistem inovasi di Silicon Valley tidak terlepas dari 4 aspek penting, yaitu adanya peran perusahaan/industri, sistem pembiayaan, peran pemerintah, dan peran universitas.

Pertama, dari sisi peran perusahaan dan industri, yaitu dengan adanya perusahaan besar sebagai pelanggan perusahaan start-up sehingga mendukung perusahaan start-up melakukan inovasi dan pengembangan teknologi. Perusahaan besar juga aktif melakukan merger dan akuisisi perusahaan startup untuk mempercepat terciptanya inovasi teknologi baru, serta transformasi konsep inovasi terbuka diterapkan oleh perusahaan besar, seperti IBM.

Kedua, dari aspek sistem pembiayaan, menerapkan pembiayaan modal ventura. Pembiayaan dapat diperoleh dari merger dan akuisisi atau Initial Public Offerings, selain itu modal ventura dibagi dalam beberapa tahap, antara lain seed stage funding, early stage funding, expansion stage funding, dan later stage funding.

Ketiga, dari sisi peran pemerintah, pemerintah membuat kebijakan khusus untuk kawasan, seperti relaksasi pajak. Pemerintah juga sebagai pembeli utama teknologi untuk dimanfaatkan pada sektor kedirgantaraan, aeronautika dan pertahanan. Selain itu, pemerintah daerah memfasilitasi kebutuhan infrastrukur transportasi dan kebutuhan lainnya.

Keempat, dari sisi peran universitas, San Fransisco memiliki universitas berkelas dunia seperti Stanford, UC Berkeley, dan UCSF, Universitas melakukan riset hingga memperoleh paten dan lisensi.

Berawal dari riset hingga mendorong terciptanya perusahaan start up. Hubungan industri dengan universitas berupa mendapatkan akses teknologi terbaru. Hubungan pemerintah dengan universitas berupa pendanaan.

Senin, 12 Juli 2021

Tim Komunikasi Publik

Kementerian PPN/Bappenas

Https://linktr.ee/suharsomonoarfa


Follow:

Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa

Twitter Menteri PPN: @Suharso_M

Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa 

(Ari Supit/Mulus)

Tidak ada komentar