Media Partner

Media Partner

Breaking News

Desa Tawang sari Meminimalisir Penyebaran Covid 19 dengan melakukan PPKM




Cirebon,Patroli88investigasi.com –Dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021, Instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomo 1 Tahun 2021, serta Instruksi Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Nomor 443.1/014/COVID-19 Tahun 2021, pemerintah Desa Tawang sari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon mendirikan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tingkat Desa. Pendirian posko tersebut bertujuan untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan Instruksi Mendagri nomor 3 Tahun 2021.

PPKM Mikro dilakukan melalui koordinasi antara seluruh unsur yang terlibat, mulai dari Ketua RT/RW, Kepala Desa/Lurah, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu), Dasawisma, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Penyuluh, Pendamping, Tenaga Kesehatan, dan Karang Taruna serta relawan lainnya, ujar Kuwu Desa Tawangsari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon Muhamad Saerofik.

Kuwu Muhamad Saerofik juga mengatakan dana desa bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan desa terkait dengan PPKM. Salah satu contohnya adalah pembiayaan operasional posko daerah sesuai dengan instruksi Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Daerah. Selain itu, Dana Desa juga bisa dipergunakan untuk pembiayaan ruang isolasi dan operasional ruang isolasi, serta penyemprotan desinfektan apabila memang diperlukan oleh desa.

Lebih jauh, Pemerintah Desa Tawangsari akan terus melakukan monitoring terkait pelaksanaan PPKM Mikro sesuai kewenangan yang berlaku. Dengan Dana Desa, setiap desa akan mampu melaksanakan PPKM skala mikro sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Kuwu Desa Tawangsari Muhamad saerofik ,mengharapkan dengan di laksanakan nya PPKM Mikro ini mudah mudahan bisa efektif untuk mencegah dan mengatasi wabah pandemi Covid-19 atau CORONA sehingga kita bisa terbebas dari covid-19 ini agar masyarakat dapat melakukan kegiatan seperti sedia kala dan perekonomian bisa pulih kembali, harap Kuwu Muhamad Saerofik di akhir perbincangan dengan awak media ini. 

(Budi antasari, Agus noban)

Tidak ada komentar