Media Partner

Media Partner

Breaking News

Ciptakan Rasa Aman, Satgas Yonif 512/QY Gelar Sweeping Rutin Di Jalur Perbatasan Papua




Keerom, Patroli88investigasi.com –Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Pos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY menggelar kegiatan sweeping rutin di jalur perbatasan Kampung Wambes, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua. Selasa (13/07/2021).

Kegiatan sweeping yang dipimpin oleh Wadanpos Wambes Serka Sandi ini diawali dengan apel pengecekan personel dan materiil serta briefing pelaksanaan sweeping di lapangan apel Pos Wambes, setelah berdoa demi kelancaran pelaksanaan sweeping anggota Pos merapat ke jalan raya yang ada di depan pos untuk memulai sweeping tersebut.

Dalam rilis tertulisnya, Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa sweeping merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan seluruh jajaran Pos Satgas Yonif 512/QY.

"Selain berpatroli Sweeping adalah salah satu upaya kita untuk menjaga keamanan, mencegah oknum-oknum pelaku tindak kriminal yang berupaya mengedarkan barang terlarang baik miras maupun jenis narkotika serta upaya penyelundupan barang-barang ilegal di jalur perlintasan perbatasan" ungkap Dansatgas.

"Waktu pelaksanaan sweeping tidak kami tentukan secara teratur, melainkan kami acak sesuai dengan perkembangan situasi di lapangan, bisa pagi hari, siang, sore, malam bahkan sering kami laksanakan dini hari" imbuhnya.

Tidak hanya barang ilegal dan terlarang, kegiatan sweeping yang digelar oleh Pos Satgas Yonif 512/QY juga bertujuan untuk mencegah adanya pelintas batas ilegal dari luar indonesia.

Di tempat terpisah, Serka Sandi mengungkapkan bahwa pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas, baik yang naik motor maupun naik mobil. Tidak hanya masyarakat biasa saja, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap pekerja jasa expedisi pengiriman barang, guru dan ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemda yang melintas" ungkap Serka Sandi.

Lanjut Serka Sandi "Upaya ini kami lakukan agar kami tidak kecolongan terhadap peredaran barang barang terlarang, serta agar tidak terjadi kecemburuan sosila terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas".

Seluruh pengguna jalan yang melintas patuh dan tertib pada saat dilakukan pemeriksaan, masyarakat sekitar juga mendukung upaya pengamanan yang dilakukan dengan kegiatan sweeping oleh Pos Wambes tersebut.

(dobleng/mulus)

Tidak ada komentar